Bagi Waktu Untuk Bisnis dan Keluarga

Hello Ibupreneur! Semoga masih semangat ya menjalani bisnis di tengah pandemic seperti ini :blush:
Sebagai seorang Ibu yang memiliki peran krusial dalam rumah tangga juga menjalani bisnis, rasanya tak mudah untuk menjalani hari. Belum lagi tak ada support system yang cukup. Agar bisnis berjalan lancar dan keluarga tetap terurus, berikut beberapa tips yang bisa diadaptasi oleh Ibupreneur.

  1. Kebutuhan keluarga menjadi prioritas
    Sangat penting untuk seorang Ibupreneur mengatur waktu untuk memenuhi kebutuhan suami dan anak, perlu diperhatikan rutinitas mereka yang memerlukan kehadiran Anda. Saat suami sudah berangkat kerja dan anak-anak sekolah, Ibu dapat menggunakan waktunya untuk menjalankan bisnis.
  2. Berbagi tugas
    Ibupreneur yang memiliki asisten rumah tangga dapat berbagi tugas dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari, misalkan tugas mencuci baju ataupun membersihkan rumah. Jika tidak ada asisten rumah tangga, Ibu dapat memilih untuk menggunakan jasa professional yang saat ini sangat mudah dijangkau.
  3. Membuat jadwal kerja
    Penting sekali untuk membuat jadwal kerja tidak terkecuali untuk Ibupreneur. Termasuk didalamnya jika Ibupreneur juga harus membuat content di media sosial yang digunakan sebagai sarana untuk menjalankan bisnis, ada baiknya jika disusun dengan moda jadwal tayang secara otomatis.
  4. Menentukan waktu khusus
    Ibupreneur juga perlu menentukan waktu khusus untuk membalas chat dari kastemer, buka toko, merekap order dan melakukan pengaturan pengiriman termasuk didalamnya mengenai membungkus kiriman dan jasa kurir yang membantu dalam pengiriman. Misal Ibu dapat memilih waktu malam hari ketika anak-anak sudah tertidur lelap.
  5. Luangkan waktu Ibu untuk menambah ilmu
    Ibu juga perlu loh mengikuti perkembangan dunia bisnis ataupun keahlian lain yang mendukung dalam berbisnis. Sumber tersebut pun beragam, bisa belajar dari buku, kelas daring ataupun gabung dengan komunitas yang memiliki visi dan minat yang sama dengan Ibu.
  6. Menjadi fleksibel
    Tentu menjalankan bisnis itu penting, apalagi jika bisnis yang Ibu geluti merupakan impian Ibu. Tapi jangan menjadikan keperluan keluarga terlantar. Maka semua dapat fleksibel dalam menjalankan bisnis Ibu jika ada keperluan keluarga yang mendesak.
  7. Waktu bebas
    Seperti halnya dalam bekerja di perkantoran, ada kalanya Ibu perlu memberikan waktu khusus untuk keluarga atau me time. Akhir pekan dapat dipertimbangkan sebagai alternatif waktu bebas tersebut, dimana suami tidak bekerja dan anak-anak tidak bersekolah.
3 Likes