Dunia ini Tak Akan Selamanya Menunggu Kita, Menaklukan Ragu dan Beranikan Diri

Single-Kejar-Mimpi-Maudy-Ayunda
(Sumber: Kejar Mimpi, Single Terbaru Maudy Ayunda | AlbumBaru.Com)

Halo Ibupreneur

Bagaimana kabarnya?
Semoga dengan kondisi pandemi yang kian membaik, kehidupan Ibupreneur pun terus membaik ya

Kali ini, tulisanku terinspirasi dari salah satu lagu yang buatku liriknya ini nyentil dan powerful banget.

Loh ko bisa?

Di lagu ini ada lirik
“Dunia ini Tak Akan Selamanya Menunggu Kita , Menaklukan Ragu dan Beranikan Diri”

Mendengar lirik ini pertama kali, rasanya JLEB banget
Ah iya juga ya, dunia akan terus maju. Kalau terus-terusan “ah ya udah nanti aja deh, ntar aja deh”, yang ada bakal tergilas dengan perubahan-perubahan yang pasti akan terjadi. Diri kita pun bertambah usia terus, ketika usia semakin bertambah maka tenaga pun biasanya akan semakin berkurang.

Maka izinkan saya menyampaikan insight yang saya dapat dari lirik lagu “Kejar Mimpi” yang dibawakan oleh Maudy Ayunda ini, yaitu sebagai berikut:

1. Penting untuk selalu perkuat WHY dari MIMPI IBU

WHY ini seperti makanan utama untuk bergerak. Adanya WHY ini akan menjadi energi terbesar Ibu untuk menghadapi setiap tantangan yang akan dihadapi nantinya. WHY ini yang nantinya yang akan memudahkan Ibupreneur untuk membuat keputusan selama perjalanan mengejar mimpi.

2. Teruslah Bergerak di Setiap Keadaan

Sesuai dengan liriknya “Dunia ini Tak Akan Selamanya Menunggu Kita, Menaklukan Ragu”, ya faktanya memang dunia ini tidak akan menunggu kita. Dunia akan terus berubah, tinggal keputusan selanjutnya apakah MERATAPI KEADAAN atau BERADAPTASI dengan PERUBAHAN?

Kejadian yang menghampiri kita, adalah sesuatu yang tak bisa dikontrol. Hal yang bisa kita kontrol adalah RESPON atas kejadian tersebut. Respon inilah yang akan menentukan diri Ibupreneur akan menjadi Ibupreneur yang berdaya atau sebaliknya. Jeda boleh, tapi jangan sampai berhenti untuk melangkah. Sayang banget kan kalau dalam perjalanan Ibupreneur mengejar mimpi, harus berhenti di tengah jalan karena ada hal yang menurut Ibupreneur tidak sesuai prediksi, BERADAPTASILAH

Setidaknya, walau dirasa bergerak lambat. Itu jauh lebih baik dibanding Ibupreneur diam di tempat. Dalam proses adaptasi diperlukan kekuatan tekad dan segudang stok sabar dalam menjalani prosesnya.

3. Minimalisir Ragu dan Kumpulkan Keberanian

Ragu dan Merasa Tidak Berani biasanya dikarenakan kurangnya persiapan. Terutama persiapan ilmu, karena adanya ilmu, perjalanan kehidupan akan lebih mudah dihadapi. Maka tak ada yang bisa dilakukan selain belajar, belajar dan jangan lupa berlatih! Ibupreneur dapat melakukan need assesment pada diri Ibu sendiri, untuk panduannya bisa dengan beberapa pertanyaan di bawah ini:

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mencapai mimpiku?

Untuk mengejar mimpi ku, apa yang belum kumiliki/kupersiapkan?

Bagaimana caranya agar aku bisa siap dengan poin A B C D?

Dari ketiga pertanyaan ini, biasanya Ibupreneur akan lebih mudah untuk menentukan langkah strategis selanjutnya dalam mengejar mimpi

Salah satu hal yang perlu Ibupreneur pahami, bahwa jika orang di luar sana ragu pada diri Ibu, itu tidak akan berdampak pada diri Ibupreneur, yang lebih berbahaya adalah jika Ibupreneur MERAGUKAN diri ibu sendiri. Ya, karena sejatinya musuh terbesar bagi seseorang dalam bertumbuh adalah dirinya sendiri. Bagaimana dia kuat mengontrol dirinya untuk terus berjalan menuju tujuan yang telah dia tetapkan. Maka Beranikan Diri Ibu dengan Persiapan Ilmu yang Optimal

Semoga adanya insight ini bisa jadi suntikan semangat Ibupreneur yang sedang berjuang mengejar mimpinya :smiling_face_with_three_hearts:

Janganlah mengejar sempurna, karena kesempurnaan hanyalah miliki Tuhan
Teruslah Berprogres di setiap waktu yang dilalui, hingga nantinya Ibupreneur akan menyadari seberapa tangguhnya diri Ibu dalam mengejar mimpi :blush:

2 Likes