Mengasah Skill Menulis melalui Program APMI

Menulis sepertinya sudah menjadi kegiatan kita sehari-hari. Tetapi jika Ibu ingin
menekuni dunia menulis, tentu harus giat dan tekun berlatih, bukan? Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan bakat dan minat Ibu, khususnya dalam bidang kepenulisan adalah dengan bergabung dengan komunitas-komunitas khusus menulis atau bergabung dengan APMI.

APMI atau Akademi Penulis Mimpi Ibu adalah suatu program yang dibuat oleh Ibu Punya Mimpi (IPM) untuk memfasilitasi Ibu yang ingin mempertajam kemampuan menulis dengan harapan APMI dapat menjadi “sekolah menulis” yang menyenangkan bagi Ibu –Ibu yang berasal dari beragam latar belakang. Sebelum Program APMI tercetus, IPM memiliki program volunteer penulis yang telah berjalan selama 3 batch dan melihat potensi yang besar dari Ibu-Ibu penulis untuk tumbuh bersama IPM serta menerima feedback dari para penulis mimpi Ibu yang kala itu menjadi volunteer yang membutuhkan wadah untuk meningkatkan kualitas tulisan mereka maka munculah APMI.

Program APMI dirancang dengan tingkat fleksibilitas ruang dan waktu bagi para Ibu dengan
memberi akses luas bagi Ibu Indonesia dimanapun dia berada untuk berkarya dan tetap nyaman walau dari rumah. Diawal kemunculannya pilot project APMI, mendapat respon dan
apresiasi yang baik dari semua kalangan, bahkan lebih dari 40 penulis Ibu yang turut mendaftar. Namun untuk menjaga kualitas APMI maka volunteer dibatasi.

“Melihat antusiasme APMI ini kami merasa senang karena ternyata banyak Ibu-Ibu diluar sanayang ingin meningkatkan skill mereka dalam bidang menulis namun sayangnya kami hanyabisa menerima 15 penulis di batch pertama ini sesuai dengan pengalaman IPM dalam menjalankan program Beasiswa Ibu Punya mimpi”. jelas Annisa Anindita salah satu pencetus Program APMI.

Sementara itu ada beberapa program khusus di APMI yang mana bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dan berkarya melalui tulisan lewat pembelajaran yang
terstruktur dan pengalaman yang bervariasi bagi para Ibu, diantaranya belajar online di Video SIBU dan tantangan mingguan yang sangat variatif, mulai dari menulis artikel liputan,
membuat script komik, hingga artikel dengan topik khusus yang ditunjuk oleh client.

Disamping itu pula APMI juga melakukan diskusi melalui virtual meeting by Zoom dengan mengundang guest speaker, seperti Puty Puar, seorang Ibu sekaligus content creator dan illustrator dari bbbclub yang memang berkerjasama dengan IPM dalam program “bincangbukupreneur” dengan harapan agar memberikan lebih banyak insights dan best practice buat Ibu APMI.

Kedepannya fokus program APMI masih akan didominasi oleh aktivitas online yang rencananya APMI dalam waktu dekat akan membangun kerjasama strategis dengan partner-partner potensial lainnya seperti brand bisnis atau komunitas yang berbagi values yang sama dengan harapan program ini lebih komprehensif dan lebih banyak yang merasakan manfaat program ini, agar Ibu-Ibu bisa berdaya dan berkarya dalam hal menulis.

3 Likes