Menjelajah bareng Si Kecil di Kota Sendiri

Kapan terakhir Ibu jalan-jalan di kota sendiri? Tapi bukan ke mall, yaa.

Menjelajah kota sendiri buat keluar masuk tiap sudutnya dan belajar sesuatu darinya itu seru banget lho, Bu. Ketemu Mbok penjual pecel yang surprisingly enak, melihat bangunan cagar budaya yang arsitekturnya njelimet, keluar masuk pasar tradisional atau sekedar duduk-duduk sendiri di taman kota. Healing tipis-tipis yang bisa dilakukan di sekitaran saja.

Nah, bagaimana kalau hal-hal di atas tadi dilakukan bersama si Kecil? Iya, Sama si Kecil aja. Ayahnya biar beberes di rumah. Kepikiran nggak, Bu? Biar saya tebak, pasti yang kebayang duluan adalah ruwet dan repotnya, ya, Buu… Di mana healing-nyaaa?

7f1kjx

Tapi, nih, Bu…

Di luar keribetannya, setuju dong, kalau ini bisa jadi alternatif kegiatan akhir pekan yang seru? Selain itu, ini juga kesempatan bagus bagi si Kecil buat mengaplikasikan apa yang sudah Ia pelajari di dalam kelas, sekaligus mengenalkan hal baru yang tidak bisa ia dapatkan di pendidikan formal.

Jadi, sambil menyemangati diri dan memilih waktu yang tepat buat pelakasanaanya, dibaca dulu yuk, beberapa ide yang bisa jadi inspirasi Ibu bersama si Kecil nanti.

Matematika di Jalan

Setelah ini ini mungkin Ibu akan membatin ‘ what the… ’ karena ide pertama yang akan dieksekusi untuk memulai mini field trip dengan si Kecil adalah: Naik angkot, yuukk! :smiley:

Nggak harus angkot, sih, Bu. Pokoknya trasportasi umum, yang nyaman untuk digunakan ber- commute ria bersama. Jadi jangan keburu sumpek dulu ya, Bu. Bisa MRT, busway, bahkan becak. Apa saja. Idenya adalah, si Kecil bisa melihat langsung bagaimana komunitas bernama masyarakat kota ini saling berkorelasi di jalan.

Ibu juga bisa ajak si Kecil untuk mengecek berapa besaran tarifnya untuk sekali jalan, lantas minta ia menghitung nominal yang harus dibayarkan sejumlah pserta yang ikut melancong bersama Ibu hari itu. Jangan lupa, dorong si Kecil untuk melakukan sendiri pembayarannya, entah itu cashless atau langsung. Biarkan si Kecil berinteraksi dan mengenal sistem yang kelak akan berguna baginya. Seru, bukan?

Flash back Sejarah Kota

Bisa jadi Ibu tinggal di kota yang menjadi bagian sejarah populer Indonesia, seperti Surabaya misalnya. Jika demikian, ini kesempatan yang sangat baik bagi Ibu untuk membuat sesi jalan-jalan kali ini menjadi kelas sejarah live yang menyenangkan. Mulailah dari membacakan plakat informasi di satu bangunan bersejarah yang populer dan sedikit cerita tentang apa dan bagaimana bangunan tersebut menjadi penting sehingga layak mendapat perhatian khusus.

Dilanjutkan dengan sedikit trivia quiz yang mudah dan berhadiah 1 scope es krim di jam makan siang jia si Kecil menjawab dengan benar. Pasti bikin semangat!

Journaling di Museum

Beri si Kecil opsi beberapa Museum yang bisa dikunjungi dan cerita singkat mengenai masing-masing opsi. Lantas biarkan Ia memilih sendiri museum mana yang Ia inginkan. Saat di museum, manfaatkan jasa pemandu yang tersedia. Dengan demikian Ibu jadi punya waktu untuk sejenak rehat.

ceria-1
Sementara itu, beri si Kecil tugas kecil untuk mencatat informasi atau koleksi yang menurutnya unik, lantas menceritakan atau menuliskannya ulang di journal secara sederhana. Dengan begini Ibu juga sekaligus mengasah kemampuan literasi si Kecil dalam hal mendengarkan dan memproses informasi, serta menuturkannya kembali.

Menggambar di Taman Kota

Ibu dan si Kecil menyukai seni? Mengapa tidak membuat sesi art jam bersama di Taman Kota? Bawalah crayon favorit si Kecil dan beberapa lembar kertas gambar. Pilih satu sudut rindang di taman kota favorit dan duduklah bersama di sana sambil menggambar suka-suka.

Kegiatan ini tentunya bisa melepas penat setelah lelah berjalan menjelajah seharian. Ibu dan si Kecil bisa menggambar suasanan taman, objek yang menarik perhatian atau sekedar corat coret sambil piknik tipis-tipis menjelang senja. Udah sah jadi Anak dan Ibu indie , deh….

Yang Esensial untuk Dibawa

Friendly reminder , nih, Bu… Karena ini adalah kegiatan outdoor, ada kemungkinan bisa memakan waktu sepanjang hari, dan apa saja bisa terjadi di luar sana. Karenanya, hal-hal di bawah ini akan sangat membantu di waktu yang tepat saat dibutuhkan.


Jadi sebisa mungkin jangan kelupaan disiapkan di dalam tas, ya.

Bagaimana, Bu? Masih terasa merepotkan?
Nggak dong, ya…

tenor
Ibupreneur kan jagonya memenej hal yang challenging jadi superfun.
Nah, Siapa kira menjelajah kota sendiri bareng si Kecil seperti ini bisa dapat banyak banget. Mulai dari belajar naik kendaraan umum, sampai bikin karya seni bersama. Apalagi bonus bonding dengan si Kecil. Bakal jadi stok memori berkesan sepanjang masa, deh!

Jadi, sudah dipilih tanggal jalan-jalannya?

5 Likes

Suka banget baca artikelnya Bu @Enoujumps :heart_eyes:
Asyik gitu bacanya

Alhamdulillah…
Makasih banyak, Bu @Pipit94
Kritik - sarannya boleh banget, Buuu :pray: