Pentingnya Quality Time dengan Pasangan Setelah Punya Momongan

Hai Ibupreneur.

Pernah ngga sih merasa kalau hadirnya buah hati membuat hubungan dengan suami mulai merenggang?

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran seorang bayi membawa banyak perubahan dalam kehidupan rumah tangga. Dulu, kita bisa fokus pada diri sendiri dan pasangan. Tapi setelah anak lahir, prioritas pun berubah. Waktu dan energi banyak tercurah untuk mengurus si kecil. Bahkan sampai lupa, kapan terakhir kali menyempatkan waktu khusus untuk bercengkrama dan mendekatkan hati hanya berdua saja.

Quality time dengan pasangan sangat penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Quality time adalah momen di mana kita benar-benar hadir secara emosional dan fokus pada pasangan. Bukan hanya sekedar berada dalam satu ruangan, tetapi juga saling berbicara, berbagi perasaan, dan menikmati momen bersama

Saat menyediakan waktu khusus untuk berdua dengan pasangan, kita bisa memperkuat ikatan emosional, mengurangi stres, dan meningkatkan kebahagiaan bersama. Selain itu, quality time juga membantu kita mengingat kenapa kita jatuh cinta. Dalam rutinitas sehari-hari, kita sering lupa mengapa kita jatuh cinta dengan pasangan kita. Quality time membawa kita kembali ke momen-momen indah yang kita bagikan bersama dengan pasangan. Yang harus diingat, kebahagiaan orang tua sangat berpengaruh pada perkembangan emosional anak. Anak akan tumbuh dalam lingkungan yang penuh cinta jika orang tuanya bahagia dan harmonis.

Jika quality time bersama pasangan diabaikan, berbagai masalah bisa muncul. Ketegangan dan stres akibat tanggung jawab merawat anak bisa memperburuk komunikasi antara suami dan istri. Kurangnya waktu untuk berdua dapat membuat pasangan merasa terabaikan, kesepian, dan bahkan memicu perselisihan. Dalam jangka panjang, hal ini bisa merusak hubungan dan mempengaruhi kualitas hidup keluarga secara keseluruhan.

Nah, apa saja kegiatan sederhana yang bisa dilakukan untuk menyempitkan jarak dan meningkatkan kualitas kebersamaan sebagai pasangan di tengah kesibukan mengurus si buah hati?

Pertama, luangkan waktu untuk makan malam romantis berdua meskipun hanya di rumah. Pesan makanan dari restoran favorit atau masak bersama makanan istimewa jika mampu. Beri sentuhan lilin, alunan musik, dan bicarakan hal-hal ringan yang mengingatkan pada awal-awal hubungan dulu.

Kedua, manfaatkan momen setelah anak tertidur untuk bisa menghabiskan waktu berdua sambil menonton film, membaca buku, atau sekadar mengobrol tanpa gangguan. Berikan perhatian penuh pada pasangan dengan mematikan ponsel dan televisi untuk menghindari distraksi.

Ketiga, menitipkan anak dengan minta bantuan support system seperti orang tua dan saudara, atau manfaatkanlah fasilitas penitipan anak di mall atau tempat lainnya. Dengan demikian, kita bisa menyisihkan waktu berkencan seperti menonton film di bioskop atau makan di restoran tanpa terganggu.

Terakhir, jangan menunggu momen istimewa seperti ulang tahun atau anniversary untuk memberikan kejutan romantis. Sesekali berikan kejutan kecil seperti hadir dengan bunga atau coklat kesukaan pasangan. Hal-hal sederhana bisa memberi kebahagiaan tersendiri di tengah rutinitas sebagai orangtua.

Meluangkan waktu khusus hanya untuk berdua memang tidaklah mudah. Namun, memperkuat ikatan sebagai pasangan akan memberi banyak manfaat dalam membina keharmonisan keluarga. Dengan komitmen dan upaya bersama pasangan, quality time pasti bisa diwujudkan untuk menjaga cinta tetap membara.

Referensi:
https://www.suara.com/lifestyle/2019/09/17/203000/pentingnya-quality-time-bersama-pasangan-setelah-punya-anak-ini-3-tipsnya