QnA kelas "Kembali Mengenal Diri"

Hai Ibu-ibu!
topik ini boleh banget digunakan untuk bertanya, berdiskusi seputar proses mengenal diri di dalam mini bootcamp yaaa :hugs::hugs:

Sampai bertemu ibu dan selamat berproses :heart:

13 Likes

Namaku Meta. Aku suka kebab, roti Maryam, dan pizza. Kentang sambal balado juga suka, ditambahi terung atau teri. Aku suka film, apapun yang menarik dan ceritanya unik. Sekarang lagi buat jurnal film dan buku. Sekarang lagi nonton serial The Mysterious Benedict Society, yang diambil dari novel dengan judul yang sama.

Kalau boleh ke suatu tempat, pengennya ke mall aja, jalan2 sendirian, duduk di tempat makan menikmati makanan sendiri. Dalam satu hari, yang membuatku HEPI itu setiap jam lima pagi, karena itu waktunya game di Love Nikki direset dan akan dapet koleksi desain baju yang bagus :grin:

5 Likes

Halo nama saya Diah. Suka banget sama noodle jenis apapun entah itu instan sampe mie ayam, suka K-food juga. Di waktu senggang aku suka nonton drama korea yang lagi on going. Kalau pandemi udah selesai pengen banget pergi ke Korea atau Jepang. Hal yang bisa bikin seneng adalah bisa pesen makanan atau kopi enak via ojek online, bisa ngobrol sambil becanda sama suami, dan bisa main game the sims dalam waktu lama tanpa di ganggu hehehe

4 Likes

Hi Ibu @Diahp dan Ibu @metamorfa Terima kasih sudah memperkenalkan diri! Salam kenal Ibu

1 Like

Halo, nama saya Ridha Hidayani. Banyak makanan favorit yang biasa jadi temen buat meningkatkan mood diantaranya kembung balado, sambal goreng daging khas cirebon, sate kambing, masakan padang, es krim dan kue kacang jadoel. Selain itu hal yang biasa saya lakukan untuk mengisi waktu jeda diantaranya dengan Membaca Al Qur’an dan juga dengerin lagu How far I’l go, dan kita bisa by Via Vallen, dua lagu ini paling ampuh membuat diri ini bersemangat kembali. Selain itu biasanya sering meluncur ke youtube buat nonton video tentang resep makanan, tentang personal development, tentang bisnis, tentang scholarship, dan juga kajian-kajian. Pengen banget bisa ke Mekah dan Madinah bareng keluarga, dilanjut berkelana ke Swiss, Inggris dan Jepang. Satu kegiatan yang membuatku senang setiap harinya adalah nyimak IG Live/Video di YT terkait personal development, topik yang selalu ga bosen untuk dipelajari sedari remaja sampai sekarang.

4 Likes

Bu Ridha, makanan kesukaannya bikin laper banget bayanginnya deh buu :laughing::laughing:

Mba Fathya, ku izin nulis di kertas biasa dulu ya, karena jurnal masih otw ke rumah hihi

2 peran yang kuambil di challenge ini adalah

Peran Sebagai Ibu dan Peran sebagai Curriculum Developer

Terbaca kah Mba? :smiley:

2 Likes

Halooo, saya baru bergabung. Seneng banget bisa ikutan kelas ini!

Perkenalkan saya Nida Muthi Athifah, biasa dipanggil Nida. Saya suka makan dimsum, ayam bakar, kentang mustofa, juga salad. Kalau minuman, suka banget sama matcha atau green tea. Sebenarnya saya juga suka minum kopi sejenis caramel macchiato, tapi gak bisa banyak-banyak karena langsung kembung dan berdebar, hehe. Udah jarang banget nonton film atau series, biasanya dengerin instrumen piano atau violin aja. Tapi belakangan nonton film Indonesia bertema keluarga, seru juga.

Sejak gadis dulu, bermimpi pengen ke Jepang ngajak keluarga. Selain itu pengen juga ke UK dan Turki. Tentunya, sebagai muslim saya ingin ke Mekkah dan Madinah bersama keluarga. Paling senang dalam satu hari kalau bisa belajar atau ikutan kelas yang dibutuhkan seperti hari ini, bisa punya waktu buat nulis, dan belakangan lagi seneng banget kalau bisa beberes sampai bersih!

4 Likes

Challenge 3

Peran yang dipilih: IBU

Value yang digunakan: Impact, family, Spirituality

Mba @Fathya mau tanya, seringkali aku juga dalam keseharian posting produk yang aku jual, itu berarti nanti breakdownnya di peran as ibupreneur ya?

Kalau untuk kegiatan yang berkaitan dengan belajar TOEFL, apply beasiswa dan Persiapan PhD, itu breakdownnya di peran curriculum developer ya? Karena kegiatan ini berkaitan dengan meningkatkan kapasitas sebagai curriculum expert

Makasih Mba Fathyaa

3 Likes

2 Likes

Bu @Fathya, apakah bisa kalau semisal gini, Big win kan udah tau, value juga sudah tau lalu dibuat list kegiatan yang sesuai? Karena sehari2 list kegiatan selalu kacau dengan depresi atau anxiety. Yang kuusahakan lakukan dalam sehari ibadah dan menyiapkan makanan entah masak atau beli. Sekarang ditambah belajar online. Beres2 hanya kamar tidur dan ruang utama. Yang lain beneran sesuai mood.

2 Likes

3 Likes

Halo buibu, salam kenal ya, aku andaruni trina.

Buibu, ada yang tau keripik Kacida ngga? atau Cizz? atau Soto 7? Semuanya adalah makanan yang aku sangaaat suka sejak jaman dahulu kala, yang selalu kukangenin dari Bandung. Selain itu aku juga masih belum bisa move on dari wisata kuliner area jaman aku ngekos sama suami saat baru nikah dulu, kami nyebutnya wisata kuliner Bagas Jeges, kalo ini lokasinya di area Menteng Wadas Jakarta. Ada Nasgor Pa Aris, Sate Padang Pa Yunus, Bubur Alfa, dan Onde Risol. Semuanya kuliner murmer pinggir jalan tapi ueenaak buanget! Kadang suka mikir, gimana selama pandemi ini apakah beliau-beliau masih bisa dagang? Bahkan, apakah beliau-beliau masih pada sehat dan hidup? Semoga yaa beliau-beliau diberikan banyak kekuatan di masa sulit ini…

Nah kalau tadi semua adalah makanan yang harus dibeli, ada juga makanan yang paling favorit banget saat ini, yaitu bala-bala khas ibu, dan kopi khas bapak. Itu adalah rencana nama menu untuk warung-warungan impian aku dan suami kalau sudah punya tempat tinggal tetap nanti, yang kami bisa buat sendiri setiap hari jika mau.

Kalau pagi-pagi aku bisa buka laptop sejenak, kemudian tiba-tiba bapake (suamiku) nyamperin sambil menyimpan kopi buatannya di meja kerjaku, hati ini tiba-tiba hangat sekali auto penuh rasanya :white_heart:
Happpyy bgt akutu kalau dalam satu hari udah bisa produktif sejak pagi, utamanya kl produktifnya itu berkarya, tapi ga harus berkarya sih, produktif ngerjain kerjaan rumah pun bisa bikin happy dan tenang sih hehe.
Oh ya mood booster aku yang lainnya juga adalah fangirlingan hehe. Ada drama korea yang menurut aku bener-bener bagus bangettt, judulnya Hospital Playlist, aku selalu menunggu kamis malam jadwalnya hosplay tayang sambil nontonin dramanya Taec sekarang ini hehe. Ga heran kaliya kalo aku jadi selalu ingin kembali ke Korea Selatan, orang tiap harinya terus terpapar perkoreaan :”


Btw Bu Fathya, ternyata betul ya ini butuh latihan banget. Sebelumnya itu, ini ga gini perkenalannya, sebelumnya aku ceritain semua yang memang aku pribadi suka, ingin, dan rasakan, tapi masih tetap ga lepas dari pengaruh significant person aku. Kemudian aku coba lagi, mengulik apa yang benar-benar menjawab list pertanyaan di jurnal tapi betul-betul yang menyangkut diriku saja, kemudian jadinya seperti yang di atas ini deh hehe.

3 Likes

Hai Ibu @RidhaHida! buu tulisanmu rapi sekali :laughing: Untuk detail dari peran sebagai curriculum developer sudah cukup konkret. Nah yang sebagai ibu bisa di konkret-kan sepeti curriculum developer dengan bentuk perilaku yang ibu ingin tunjukkan.

Misalnya pada “Melihat tumbuh kembang anak”, contoh konkret aktivitas/perilakunya seperti apakah bu?
contoh yang lebih konkret bisa: memiliki waktu bemain setiap hari setidaknya 20 menit bersama anak.

1 Like

Betul ibu @RidhaHida, setiap peran punya runutan kegiatan sendiri. Karena tujuan challange ini mau memilih kegiatan yang essential di setiap perannya.

1 Like

Hai ibu @metamorfa menarik sekali valuenya buu. Jadi ingin dengar nanti di kelas penjelasan values2nya :heart::heart:

1 Like

It’s ok ibu. Berarti yang perlu diadjust adalah big wins nya itu, karena big wins juga perlu sejalan dengan kenyataan sehari-hari pencapaiannya seperti apa. Sehingga nanti kegiatan yang dipilih dan jadwal yang terbentuk memang inline dengan keadaan ibu termasuk mood.

1 Like

Seru banget buu! aku selalu deh bagian makanan gak bisa gak kebayang2 ikutan ngiler :laughing:

1 Like

Halo ibu @nidathifah boleh nih buu bagi2 list rekomendasi film keluarganyaa

1 Like

Hai ibu-ibu semuanyaa! Terima kasih sudah memperkenalkan diri dan mengupload challange-nya. Ada yang laporan seru, challenging, sulit, sampai butuh waktu lebih lama untuk berpikir. It’s ok ibu-ibu, semua proses yang kita mulai sekarang itu butuh waktu dan masing-masing orang berbeda.

Semoga materi singkat 3 video kemarin bisa jadi awal dan langkah sederhana ibu-ibu untuk mulai lebih aware dengan kebutuhan dan suara diri sendiri.

Besok, Rabu 21 Juli, kita diskusi lebih lanjut yaa tentang perjalanan ibu-ibu menyelesaikan materi sampai challanges-nya. Di kelas QnA nanti, aku juga mau kasih 3 tools untuk ibu belajar mindful dengan emosi dan kebutuhan badan.

Sampai bertemu, ibu-ibu semua!!

2 Likes