QnA Mini-Bootcamp #JikaIbuMenjadi Content Creator

Hai Buibu!

Selamat datang di mini bootcamp #JikaIbuMenjadi Content Creator

Pada topik ini, silakan Buibu gunakan untuk upload challenge, bertanya ataupun berdiskusi seputar content creator

Selamat berproses Bu!!:heart:

5 Likes

Super excited :heart::heart:
Ga sabar mau cepetan QnA biar bisa diskusi langsung bareng tutor dan bu @Jellyjelia nih

1 Like

Hai haiii, aku mau colek bu @tamiradimyati @Jellyjelia , ada beberapa pertanyaan nih bu:

  1. Apakah prime time kita bisa berubah2 ? Kalau iya, kira-kira kapan kita perlu review kembali jadwal postingan kita ?

  2. Saat akan edit video, supaya text yg muncul pas dgn audio, apakah lebih baik edit langsung di instagram, atau pakai apps lain bu ?

Makasih banyaaak :blush:

hai haiii Bu Rani Bu Jelia

  1. Bisaa, seminggu sekali juga bisa, tapi walau posting saat prime time, isi konten yang menarik tetep yang utama.
  2. Bisa di instagram langsung, tapi aku pribadi lebih nyaman edit di aplikasi lain, seperti InShot, sekalian tambahan transisi dan font lainnya lebih komplit dari sekedar edit di reelsnya ya.

Begitu buibu, semoga membantuuu

2 Likes

Hai hai Bu @ranintia terimakasih untuk pertanyaannya. Bu @tamiradimyati ini masih ada titipan pertanyaan dari WAG ibu semua kemarin belum sempat ditanyakan nih bu. Mohon dijawab yaa

  1. Jika kita ingin mendapatkan kerja sama dgn brand, apakah harus tergabung dalam agency/management ?
  2. Adakah tips khusus kalau kita ingin approach brand secara proaktif bu ?
  3. Gimana cara supaya lebih tebal telinga dan perasaan perihal postingan yg kita share? Karna walaupun yg dishare itu bermanfaat tapi masih sering dengar suara2 ‘ngapain sih pake share2 segala, padahal bukan ahlinya’. Sejauh ini saya cuek tapi tetap terganggu juga
  4. Boleh sharing pengalaman ga gmn pertama kali Bu Tamira di approached/ di endorse suatu brand, apakah saat itu followersnya sudah banyak? Lalu bagaimana tips agar tetap meningkatkan engagement konten kita di tengah2 semakin banyaknya konten kreator di IG?
  5. Gimana cara menyusun rate card? (kisi-kisinya aja mungkin…)
  6. Selain konsisten posting, Hal apa saja yg bisa bikin ig Kita punya banyak follower?
  7. bagaimana cara bergabung dengan agency/management dan apakah kalau masuk agency otomatis bakal dapat job atau harus apply juga untuk dpt job?bagaimana agar dpt job dan di approach brand? Boleh kasih rekomendasi agency?

Cc : @Rebana @tyasatiti @baherina

Terimakasih :slight_smile:

2 Likes

Assalamualaikum…
Mau tanya, dulu saya pernah pake barang suatu brand. Lalu mereka melihat & menyukai postingan saya ketika pake brand itu.
Kemudian mereka mau mengajak kerjasama, karna saya sedang tinggal di LN mereka minta jaminan ktp saya tinggal disini (japan).
Pertanyaan nya apa iya jika mau kerjasama dgn salah satu brand harus ada identitas kita? Bukan kah itu sesuatu yg privasi?
Mohon di jawab ya bu @tamiradimyati atau ibu yg lain berkenan untuk bantu menjawab. Terimakasih

Halooo Bu @tamiradimyati aku mau tanya dong…

  1. Kalau misalnya kita bikin konten yg ada VO nya itu sebaiknya rekam VO dlu atau bikin videonya dlu yaa?
  2. Cara merekam VO agar suaranya clear baiknya gimana?

Segitu dlu pertanyaannya, terima kasih sebelumnya ya buuu hehe

Hai hai titip jawabannya buuu Jelia

  1. Ga harus kok, tapi misal mau coba coba peluang lebih banyak boleh banget gabung sekarang banyak yang dari 500foll juga udah bisa

  2. Maksudnya ingin diapproach brand atau mau approach brand duluan? Hihi kalo misal pengen diapproach tips khusus dari aku perluas networking, misal ikutan komunitas, cari temen sesama creator, contoh simpel saat kita interaksi/komen temen yang creator, dan brand yang lagi kerjasama dg temen kita itu kepoin kita dan tertarik juga jadi mereka approach kita juga. Ini sering terjadi jg.
    Kalo approach brand duluan bisa banget dengan sering sharing dan tag brandnya aja karna kalo honest review positif dan konten kita itu bagus, ya mereka bisa ajak kerjasama juga.

  3. Selama omongan orang itu tidak membangun kalo aku pribadi ga aku dengerin, karna sebenernya gampang kalo mereka gasuka ya ud skip or ufollow aja kan. Foll kita ga cuma mereka kok. Tapi beda lagi ketika orang bisa kasih kritis an dan masukan untuk kita lebih baik gada salahnya kita intropeksi juga ya. Cuma selama kita yakin apa yg kita share bermanfaat inshaallah ada aja orang yang baca kok

  4. Pertama itu belum punya foll sebanyak sekarang kok, masih 3-4ribuan hihi dapet dari dm aja dan kebetulan saat itu aku suka ikutan kompetisi2 foto gitu. Dulu belum ada reels ya jadi cuma liat hasil foto feed dan story dan kebetulan aku sering tag tag di story juga ke brand tuh. Jadi emang doyan sharing aja awalnya.
    Ningkatin engagement itu emang penuh trik, kita harus rajin bgt balesin audience juga dan ada juga loh grup support kalo kalian ikut komunitas. Tapi tetep balik lagi ke bikin konten yang “bikin orang pengen komen” bisa bikin bahan seru atau konten yg relate sama sehari hari, untuk itu saran aku tetep jadi diri sendiri dan cari ciri khas kita tuh apa, jadi sebanyak apapun creator balik lagi ke personal branding masing masing.

  5. Ga ada rumus bakunya sih ya, karna bisa jadi foll sama tapi rate card beda, balik ke kualitas konten, engagment dan kepercayadirian masing, cuma tetep mungkin bisa coba cari tau ke sesama creator/influencer buat reference aja, seengganya kita tau nano atau micro range berapa, nah nyusun ratecardnya balik ke kepercayaan diri, selain foll patokannya, kalo km yakin konten bagus, engagment ok, monggo rate card bisa dibuat lebih tinggi, oh iya aku pribadi bikin beberapa macam ratecard, ada untuk brand besar, start up, UMKM/online shop. Karna budget mereka biasanya beda banget. Brand besar itu wajar kita kasih RC lebih tinggi daripada kita ke UMKM ya.

  6. Ikut komunitas, perluas network, kolaborasi. Cara terakhir yaitu buat Giveaway tapi jujur aku ga begitu menyarankan soalnya ini biasanya audiens pasif yg dimana GA selesai beberapa ya unfollow dan mereka pun ga tertarik buat liat postingan kita lainnya kan.

  7. Setiap agency/ management aturan nya beda beda, ga bisa sama rata, biasanya ada yang tinggal daftar keterima tapi banyak juga yang seleksi lagi. Nah yang sama yaitu mereka bakal offering beberopa job dan kita apply, disitu brand sendiri yang kurasi, kalo emang cocok kita diterima untuk dpt job. Saran aku buat Ibu Ibu dan masih pemula join Ibusibuk dan The Asian parent aja, menurutku ini yang paling mudah dijangkau dan banyak ilmu yang di dapet juga. Sedangkan management kebanyakan mereka seleksi bahkan liat kita ud berpengalaman, ga jarang juga ada biaya member🙈 kalo rekomendasi lanjutan management/agency apa aja boleh DM ig aku aja ya karna ada plus minusnya.

Semoga bermanfaat ya buuuu :hugs:

2 Likes

Waalaikumsalam
Hi buu, kadang emang ada beberapa brand yang minta seperti KTP dan NPWP, biasanya buat kebutuhan bikin SPK (Surat Perjanjian Kerja) tapi kalo Ibu pribadi ga yakin better gausah di kasih ya. Atau kalo perlu Ibu tanya tujuannya buat apa kalo cuma buat jaminan aku belum pernah denger sih. So far seringnya buat surat perjanjian or kontrak kerja :grin:

Hi buu
Aku biasanya buat videonya dulu, nah pas di edit baru aku tambahin VO karna nanti aku biasanya sekalian ada narasinya, VO nya aku improve nyesuain detik detik videonya :grin:

Kalo aku biar clear tentunya rekam saat hening, tutup pintu jendela, terus mulut jgn terlalu deket mic/hp nya. Dan aku sering melakukannya malam hari saat anak uda tidur jd ga ada suara suara panggilan :joy:

Bu mau nanya… kalo tulisan 85 remaining di aplikadi VN ini maksudnya apa ya? Apa betul angka itu berkurang tiap kita bikin video baru dan ketika sudah nol maka kita harus berbayar/langganan?

Hai bu. Izin setor tugas dari mini bootcamp #JikaIbuMenjadiContentCreator ya. Terima kasih
https://www.instagram.com/p/CiFiXXgJDf6/?igshid=N2NmMDY0OWE=

Mau izin setor PR nih bu hihi…
Bismillah #jikaibumenjadicontentcreator
Terimakasih banyak. Mohon bimbingan nya🙏🏼

Reels
[https://www.instagram.com/reel/CiFeG0TpzMr/?igshid=MDJmNzVkMjY=]

[Worksheet versi ku :)](Worksheet )

Izin setor reels Jika ibu menjadi content creator

Selamat malam Bu. Saya juga mau setor PR mini bootcamp ya :smiley:
[#KarenaIbuBisa Berani Mencoba]

Semangat terus untuk kita semua!

https://www.instagram.com/reel/CiFC-v3hzQh/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Worksheet An. Dwi Nur Intan

Malam ya buibu semua. Salam semangat dan support satu sama lain yaa.

1 Like

Hai buuu

Bu disitu untuk draft project yaaa, jadi kapasitas VN Free itu Max 100 draft, bukan bikin video 100 terus harus berlangganan. Jadi sebenernya kalo hasil konten video udah jadi bisa dihapus aja kan draftnya nanti berkurang gakan sampe 100.

Di situ ada 85remaining artinya ada 15draft yang ibu buat di VN. Saat ibu hapus 1 draft nanti kapasitas nambah lagi jd 86. Semoga jelas ya bu :grin:

Terimakasih ibuu, tapi tadi aku cek sepertinya belum tag Ibu Punya Mimpi nya hihi bisa di edit aja tagnya Bu :smiling_face_with_three_hearts:

Hai Ibu. Seperti yang disyaratkan, berikut terlampir link carousel #JikaIbuMenjadi Content Creator.

https://www.instagram.com/p/CiFwGptpAv1/?igshid=YmMyMTA2M2Y=