Tips Membuat Toko Online Banyak Pelanggan - Review Mini Bootcamp

Halo Ibupreneur!

Siapa yang hari ini riweuh sama deadline kerjaan kantor di akhir tahun, tapi lagi kepikiran juga rencana bisnis ibu di tahun depan? Atau lagi sibuk packing orderan bisnis online di rumah sambil nemenin anak sekolah online?

Kalo aku sendiri sekarang lagi sibuk mikirin rencana bisnis toko online aku nih, Bu, karena akhir-akhir ini ngerasanya kok penjualan toko onlineku gitu-gitu aja ya. Bersyukur jaman sekarang semua serba digital, #AsyiknyaDigitalisasi mau produktif di rumah sambil jualan bisa buka toko online tanpa perlu mikir biaya sewa toko. Apalagi di kondisi pandemi seperti sekarang, orang kebanyakan apa-apa belanjanya juga online ya, Bu. Tapi ternyata mengelola toko online itu juga tricky, butuh belajar gimana strateginya biar toko online kita makin banyak pelanggan.

Nah, pas banget Ibu Punya Mimpi lagi ngadain event virtual Festival Mimpi Ibu, salah satu rangkaian acaranya ada Mini Bootcamp dengan tema Digitalisasi Bisnis Ibu. Eh tapi, Buibu udah pernah ikut Mini Bootcampnya Ibu Punya Mimpi belum? Buat yang belum tahu, Mini Bootcamp ini program belajar melalui pre-recorded video dan kelas live virtual. Jadi, Ibu bisa belajar video modulnya kapanpun dan dimanapun, sambil nemenin anak, bisa sambil tiduran, sesuka Ibu. Nanti kalo ada materi yang belum jelas, ibu bisa tanya langsung ke tutor di kelas live virtual. Info lengkapnya ibu bisa cek di website Ibu Punya Mimpi.

Tadi malam merupakan kelas terakhir dari rangkaian Mini Bootcamp Digitalisasi Bisnis Ibu, topiknya tentang “Membuat Toko Online yang Banyak Pelanggan”. Kelas ini ditutori oleh Bu Aulia Damayanti seorang Performance Marketing Analyst. Bu Aulia membuka sesi tanya jawab dengan menyampaikan apa tujuan utama kelas ini, “Kelas ini adalah langkah lanjutan untuk Ibu yang mau mulai bisnis atau yang udah punya bisnis dan ingin mencoba membuat toko di marketplace untuk mencari peluang market baru”.

Di kelas ini Bu Aulia bener-bener kupas tuntas tentang toko online khususnya marketplace. Apa itu marketplace, gimana karakteristik toko dan usernya, marketplace apa yang cocok untuk bisnis kita, gimana caranya buat toko di marketplace, dan pastinya tips dan trik membuat strategi berjualan baik yang non paid maupun yang paid ads di marketplace agar pelanggan toko online kita makin meningkat.

Pasti kita udah nggak asing belanja di merketplace ya, Bu. Apalagi Buibu yang kalo denger “Pakeeeet!” bawaannya buru-buru lari karena takut Pak Suami komen “Belanja teroooos!”. Besok kalo Pak Suami nanya “Belanja apalagi?”, jawab aja gini “Ini aku lagi riset jadi pelanggan”. Hahaha. Jangan ditiru ya, Bu. :relieved: Tapi memang benar, salah satu strategi penting untuk meningkatkan penjualan di toko online adalah “Berpikirlah seperti pelanggan”, tujuannya agar kita tau apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan apa produk kita sudah menjawab problem dari pelanggan.

Strategi lainnya yang aku rangkum dari kelas Bu Aulia adalah strategi organik (non paid) seperti lengkapi profil toko, beri pilihan jasa pengiriman yang beragam, gunakan foto dan deskripsi produk yang menarik, harga yang sesuai dan kompetitif, berikan promo secara rutin, promosikan lapak dan produk Ibu, persiapkan toko pada peak season, layani pelanggan dengan baik dan manfaatkan fitur-fitur marketplace (re: gratis ongkir, flash sale, voucher toko, dll.) dan strategi berbayar dengan memasang paid ads atau iklan berbayar.

“Strategi di setiap toko online itu berbeda-beda, tergantung user journeynya. Nggak masalah kalo belum menemukan winning strategy di awal atau baru menemukannya di tengah jalan, karena memang setiap market punya habit/ behavior sendiri. Yang paling penting adalah value produk kita, solusi yang kita punya untuk market, itu yang bisa meningkatkan loyalitas costumer ke kita.” – Aulia Damayanti

Setelah mengikuti kelas ini bener-bener dapet ilmu baru dan menjawab kegalauanku di atas kenapa kok penjualan toko onlineku kok gitu-gitu aja. Aku jadi belajar tahapan set up toko online yang baik, gimana cara memaksimalkan fitur-fitur di marketplace, apa aja strategi untuk membantu meningkatkan penjualan dan dapet bonus feedback langsung dari tutor untuk tampilan toko online bisnis aku.

Nah, Buibu siapa yang jadi tertarik ikutan Mini Bootcampnya Ibu Punya Mimpi? Kira-kira untuk next Mini Bootcamp, topik apa yang ibu butuhin untuk mengembangkan bisnis ibu? Boleh komen di bawah ya, kali aja nanti dikabulin sama Ibu Punya Mimpi.

Selamat bertumbuh belajar bersama meraih mimpi ya, Bu! :heart:

4 Likes

peserta sekaligus peliput, beda artikelnya hihi

Makasih Reviewnya Bu Lala

1 Like

Wah iya kurang pas ya bu ridha, harusnya fokus tulisannya point of view sebagai peliput ya? Makasih feedbacknya buuuu :hugs:

1 Like