Tugas Objective Key Result - CJ Penulis 3

Assalamualaikum,
Salam semangat… Saya mau setor Tugas

1 Like











2 Likes

Challenge 1

Hai, Bu, izin menyetorkan tugas ya. 3 hal yang nyaman untuk dilakukan adalah membaca buku, jalan-jalan menikmati alam, dan menonton serial drama/film.

Saya paling sering diminta saran terkait parenting dan juga sering dimintai nasihat untuk beberapa masalah yang sedang dialami kerabat atau teman-teman terdekat.

Beberapa super power panutan yang sifatnya saya kagumi diantaranya (sudah pasti) Nabi Muhammad SAW dengan segala sifat terpujinya, lalu ada suamiku, beberapa hal yang sangat saya suka dari beliau adalah orangnya sangat mudah beradaptasi, tidak mudah tersinggung, seringnya humoris, dan sangat terampil dalam berbagai bidang. Terakhir ada Andrea Hirata dengan kemampuan menulisnya yang selalu memberikan kesan mendalam atas tokoh-tokoh dan alur cerita yang beliau ciptakan disetiap karya-karyanya.

Nah untuk super power saya sendiri, jujur saya agak mikir nih Bu, apa ya super power saya? Tapi menurut saya sih, saya ini seorang pendengar yang baik, kreatif, haus ilmu, gigih, mandiri, dan pemberani Bu! Gimana nggak mandiri dan pemberani coba Bu, saya sudah jadi anak kos semenjak kelas satu SMP! :grinning:

Challenge 2

a. Ibunya Fatih dan Umar

Dalam 10 tahun mendatang, berarti anak-anak sudah SMA dan memasuki fase remaja, fase penting dalam kehidupan seseorang di mana mereka mengalami banyak perubahan fisik, emosional, sosial, dan kognitif. Saya harap bisa menemani mereka bertumbuh, menjadi sahabat mereka, dan bisa membimbing mereka di jalan yang benar, serta dapat membantu mereka meraih impian dan cita-citanya, dengan cara menjadi pendengar yang baik untuk mereka, serta memberikan suasana yang kondusif di rumah salah satunya dengan mempererat hubungan saya dan suami, karena value saya adalah family.

b. Menjadi Penulis

Dalam 10 tahun mendatang saya akan mandiri secara financial, dengan menjadi seorang penulis (copywriter/SEO specialist/blogger), serta blog saya semakin dikenal dan bisa menghasilkan uang dengan cara berkolaborasi dengan brand-brand kenamaan. Hal yang saya lakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan cara mengikuti kelas menulis online, membangun networking dengan sesama penulis, rajin membaca buku, dan rajin menulis di blog pribadi untuk mengasah bakat menulis, karena value saya adalah creativity dan well being.

Challenge 3

  • OKR Sebagai Ibu


  • OKR Sebagai Penulis


2 Likes

2 Likes

Assalamualaikum, izin post challenge 1 s.d 3



2 Likes

Assalamualaikum
Izin setor tugas OKR
Comeback Journey Ibu Penulis Batch 3
Rachma Wahida


1 Like

Assalamualaikum
Halo Bu
Izin menjawab tugas week 2 yaaah

Challenge 1
Hal yang paling nyaman aku lakukan ketika:

  1. Membaca buku-buku self development
  2. Traveling, mentadaburi alam membuatku lebih tenang dan recharge diri. biasanya setelah aku traveling jadi lebih bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam diri yang sulit ku temukan jawabannya
  3. Mandi, sangat segar dan terasa rileks. otot-otot yang kencang terasa lebih kendor dan membuat lebih semangat menjalani hari

Aku paling sering diminta saran mengenai topik hubungan kekeluargaan dan persahabatan, topik pengembangan diri dan juga saran dalam mix and match berpakaian.

Beberapa sosok yang aku kagumi antara lain :

  1. Nabi Muhammad SAW. Beliau sebaik-baiknya teladan yang memiliki kemuliaan, kesabaran, kelembutan dan tentunya makhluk yang paling Allah sayangi dan sudah Allah janjikan surga.
  2. Orang Tua. Mereka adalah sosok yang tangguh, penyabar, giat, penuh kasih sayang, kharismatik, berjiwa sosial. Mereka adalah role modelku dalam menjalani kehidupan setelah Nabi Muhammad
  3. Suami. Beliau adalah sosok yang penyabar, pengertian, sangat memahami istrinya, royal, penuh tanggung jawab dan sholih.
  4. Karina Rusman. Beliau sosok yang joyful, sholihah, taat, senang menebar kebaikan dengan caranya sendiri, low profile.
  5. Zain (anak). Penuh kasih sayang, care, mengajarkanku pada ketulusan, pemaaf, gigih

Superpower yang dimiliki diri sendiri adalah gigih, selalu ingin terus belajar, visioner, seorang planner, teratur, rajin, memiliki empati dan kepakaan tinggi, inisiatif.

CHALLENGE 2

CHALLENGE 3

2 Likes

CHALLENGE 1
1. Menuliskan 3 hal yang nyaman untuk dilakukan
Hal yang sangat nyaman untuk dilakukan bagi saya pertama adalah tidur siang dengan anak. Kedua adalah rekreasi/piknik/travelling dengan anak dan suami. Ketiga adalah menonton film atau membaca buku.

2. Paling sering diminta saran untuk apa
Paling sering diminta saran untuk pengambilan keputusan. Biasanya teman, saudara, sering meminta saran saya Ketika mereka bingung dalam mengambil keputusan tentang hal apapun yang posisi mereka dihadapkan oleh beberapa pilihan.

3. Super power panutan beserta sifat yang dikagumi
Ibu, karena beliau bisa tenang dalam segala hal.
Suami karena suamiku sangat tekun dalam mencari nafkah dan menabung.
Jennifer Bachdim karena dia dalam media sosialnya bisa mengatur emosi, pekerjaan rumah tangga, dan kesehatan tubuhnya dengan baik.

4. Super power yang dimiliki diri sendiri
Mandiri. Keluarga dan teman sering mengatakan saya orang yang sangat mandiri. Saya pun merasa demikian. Mungkin karena saya sudah sering melakukan apapun sendirian sejak di bangku sekolah dasar dan jauh dari orang tua sejak duduk di bangku SMP.

Outspoken. Saya anggap ini adalah super power saya meskipun bagi beberapa orang mungkin sikap terus terang saya terkadang dianggap tidak sopan. Namun saya akan mengatakan apa adanya jika menurut saya itu layak untuk dikatakan dan berdampak baik/positif jika dilakukan.

Adaptif. Saya sangat mudah beradaptasi di lingkungan baru.

CHALLENGE 2 & 3

1 Like

Assalamu’alaikum, halo Bu
Izin mengumpulkan tugas week 2 yaa

1 Like

Assalamu’alaikum…
Hi Buibu penulis …
Fiuuh… Alhamdulillah lega juga karena sudah menyelesaikan challenge dari Bu Marisa… Jadi lebih terarah untuk menggali diri lebih dalam. Bismillah, semoga bisa konsisten dengan apa yang aku tulis :dizzy:

1 Like

Hi setelah busy week (dan telat nih update tugas nya,heheh) tp ini lah hasilnya:
Challange 1

  • 3 Hal yang membuat nyaman:
  1. Membaca Buku dan Berita.
  2. Menonton atau mendengar podcast, drama series, dan movie.
  3. Travelling.
  • Paling sering diminta saran apa?
    untuk saat ini mengenai kehidupan sehari-hari, masalah keluarga, keuangan, dan ttg hubungan antara keluarga serta Tuhan.

  • Super power panutan yang di kagumi?
    Nabi Muhammad dengan segala yang dimilikinya.
    untuk yang dapat dilihat saat ini saya suka dan kagum sekali dengan keluarga Prof. M. Quraish Shihab, akan kepintarannya, akan keterbukaannya, akan dirinya yang terus belajar dan berusaha, beliau terapkan dikehidupannya.

  • Super power yang dimiliki diri sendiri
    Kemampuan untuk beradaptasi dan peka terhadap situasi, saya termasuk orang yang observasi dan seringnya saya dapat membedakan perasaan dan situasi dalam suatu waktu, hingga bisa mengambil keputusan yg lebih baik dalam beradaptasi.

Challange 2

Goal 10 Tahun mendatang:

  1. Menjadi Istri dan Ibu yang selalu menjadi “Rumah” untuk Suami dan Anak-anak yang telah menjadi remaja.

  2. Memiliki pekerjaan yang sebagian besar waktunya bisa dikerjakan dimana saja, seperti freenlance penulis, pembisnis, atau pendidik.

  3. Melalui jenjang pendidikan selanjutnya untuk pengembangan diri.

  4. Memiliki badan yang sehat, dan rajin berolahraga dengan gaya hidup sehat.

Challange 3:

1 Like

Wah ternyata saya salah upload tugas buu wkwk, kemarin diupload disini Menemukan Superpower Ibu untuk Strategi Meraih Mimpi - #40 by vianid_h
Tapi izin saya upload ulang disini ya buibu…

  1. Challenge 1 :heart:
  2. Challenge 2 :heart:
  3. Challenge 3 :heart:


    OKR didasarkan pada peran muslimah, peran internal (istri dan ibu), dan peran eksternal (ASN, freelance writer, mompreneur, financial planner)
1 Like

Assalamualaikum… izin setor tugas week 2A CJ Penulis Batch 3

1 Like

Challange 1

  1. Hal yang paling nyaman aku lakukan adalah: bernyanyi, menulis, memasak.
  2. Saya sering diminta saran untuk cara berpakaian, penggunaan sosial media, dan saran pengambilan keputusan secara umum.
  3. Super power di kehidupan saya adalah Nabi Muhammad SAW. Saya mengangumi kesabarannya, ketangguhannya, dan ketaatannya pada perintah Allah. Selain itu, diam2 saya mengagumi jennifer bachdim yang nampak pintar mengurus keluarga dan diri sendiri. Saya mengagumi sifat santai suami saya dalam menjalani hidup. Sementara itu, super power yang saya miliki adalah sabar, tekun, menulis, senang belajar masak.
    Challange 2
    “10 years later I will…”
  4. Sebagai Ibu, istri, dan bagian keluarga besar.
    Aku ingin tetap mengurus anakku sendiri tanpa ART maupun bantuan ortu. Mungkin sesekali panggil ART harian. Aku juga akan tetap memasak makanan real food untuk keluargaku. Aku ingin selalu membersamai bermain dan belajar mereka. Menjadi pelukan dan senyuman setiap bangun dan tidur bagi anak dan suamiku.

Aku juga ingin selalu berkumpul dengan keluarga besar agar nala dekat dan hangat dengan keluarga besarnya. Mungkin nala versi kedua akan hadir di 10 tahun mendatang :face_with_hand_over_mouth:

Aku ingin punya kebun di rumah agar keluargaku dekat dengan alam. Tak lupa sesekali mengunjungi tempat baru untuk membuat kenangan indah bersama.

  1. Sebagai penulis
    Aku juga ingin punya majalah online yang rutin aku tulis untuk mencerahkan para pembacaku dengan hal-hal yang bermanfaat. Saya juga ingin disibukkan dengan bedah buku yang saya tulis. Saya ingin membuat program-program menulis untuk orang-orang yang membutuhkan secara gratis.
    Untuk itu saya harus memulai memiliki kanal menulis yang saya konsisten menulis di dalamnya. Saya juga harus memilih dan fokus dalam sebuah niche agar bisa mendalami hal tersebut. Saya perlu memperlias wawasan dan jaringan agar tetap bertumbuh sebagai diri dan penulis yang lebih baik, saya harus memulai menuliskan semua ide yang terpikirkan akan cerita fiksi yang ada di otak saya. Saya juga harus belajar lebih baik untuk mengatur waktu supaya ada waktu khusus untuk berkarya. Value hidup saya adalah well being dan impactfull.
1 Like

Assalamualaikum,
Akhirnya berhasil post tugas week 2 meskipun terlambat dari deadline. Semoga masih bisa diterima ya bu.

1 Like

CHALLENGE 1 #CJPBatch3

3 HAL YANG NYAMAN DILAKUKAN

  1. Nonton film sambil rebahan setelah ngerjain tugas domestik
  2. Jalan-jalan bareng suami dan anak, walaupun cuma jajan jajanan pinggir jalan
  3. baca novel atau cerita-cerita horor di IG

Paling sering dimintain saran soal yang berkaitan sama dunia pekerjaan. Seperti gimana dunia kerja, apa aja yang harus dilakukan. Dan soal hubungan percintaan, hehe.

Super power panutan

  1. Nabi Muhammad SAW karena sebagai manusia termulia dan paling keren dunia akhirat. Akhlak dan semua tentang kebaikan hati beliau, masyaAllah… Semua yang beliau lakukan menjadi panutan khususnya bagi seluruh umat muslim. Dan juga bagaimana beliau memperlakukan istrinya dengan penuh kasih sayang.
  2. Habib Husein bin Ja’far Al Hadar karena pencerahan perjalanan spiritual saya salah satunya melalui ceramah-ceramah beliau. Menurut saya ceramah beliau adem dan mudah dicerna karena masuk dalam akal logika.
  3. Jennifer Bachdim karena salut banget sama kedisiplinan dan konsistensinya dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Bisa menjadi Ibu produktif, mandiri finansial, dan bisa bekerja sambil tetap memberikan waktunya untuk anak-anaknya.

Super power diri sendiri

  1. Logical thinking
  2. Willingness to learn
  3. Adaptive
  4. Attention to detail
  5. Suka menata (mulai dari perabot di rumah sampai juga ke fashion)
  6. Tidak mudah terpengaruh opini orang lain
  7. Stick to the procedure (kecuali ada kejadian emergency)
1 Like

CHALLENGE 2 #CJPBatch3

1 Like

CHALLENGE 3 #CJPBatch3

OKR

1 Like

2 Likes

Challenge 1 :

3 hal yang nyaman untuk dilakukan
Membaca buku
Berkreasi atau membuat DIY art
Jalan-jalan

Paling sering diminta saran untuk apa
Sering dijadikan tempat curhat.
Waktu di sekolah, paling sering ditanya soal pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Sering dimintai rekomendasi buku yang bagus.
Sering diajak teman ketika ada project menulis atau project kreatif.

Super power panutan beserta sifat yang dikagumi
Orang pertama yang saya jadikan panutan adalah Hermione Granger. Aku masih kelas 1 SD ketika pertama kali nonton Harry Potter dan langsung mengagumi kecerdasan Hermione Granger. Dia pintar, berani, suka membaca buku, memiliki karakter yang kuat, dan setia kawan. Super powernya, dia bisa sihir. Hihihi…

Super power yang dimiliki diri sendiri
Sepertinya, saya bisa diajak brainstorming terkait ide-ide kreatif. Bisa menulis kreatif dengan genre fiksi. Bisa tahan membaca buku yang tebal.

Challenge 2 :

Goal 10 tahun mendatang beserta peran yang dimiliki

Peran sebagai Ibu Rumah Tangga

Dalam 10 tahun mendatang, aku akan menjadi istri dan ibu yang sudah mengusahakan yang terbaik untuk keluarga dengan cara memperbaiki kualitas diri, menyeimbangkan pencapaian target di dunia dan amal untuk akhirat.

Goals dalam 10 tahun:

  1. Pintar masak
  2. Bijaksana dalam parenting
  3. Umroh bersama keluarga

Challenge 3 :
Membuat objective key result

Pintar masak

  1. Belajar lebih banyak resep, menu masakan rumahan, menu acara besar, snack (jajanan manis dan asin, aneka kue, street food), kreasi bekal
  2. Membuat buku catatan khusus perdapuran. Rajin mengisi buku tersebut. Yang sudah dipraktekkan, dicatat. Yang gagal dan berhasil juga harus dicatat. Yang mau dicoba, dicatat.
  3. Membuat planning menu masakan untuk sebulan (konsisten!)
  4. Update wawasan tentang perdapuran
  5. Belajar food preparation (dan diterapkan!), belajar cara mengolah bahan-bahan mentah, belajar kegunaan bumbu dan rempah-rempah
  6. Belajar time management di dapur supaya efektif dan cepat selesai (perlu latihan terus)
  7. Planning keuangan dapur
  8. Berbagi kepada orang lain. Terima saran dan kritik lalu perbaiki.
  9. Menjaga keluarga supaya bisa menghindari makanan yang haram
  10. Rutin berbagi dalam rangka Jum’at berkah

Bijaksana Dalam Parenting
(Sekarang belum punya anak)

  1. Belajar lebih banyak ilmu parenting
  2. Belajar tentang mental health bagi anak, bagi orangtua, bagi suami-istri dan bagi individu
  3. Belajar cara mendidik anak dari sudut pandang agama. Belajar ilmu tauhid untuk disampaikan ke anak-anak, belajar lagi kisah Nabi dan Rasul beserta kisah sahabat dan istri-istri Nabi Muhammad
  4. Memperluas wawasan dan update berita terkini tentang dunia parenting.
  5. Belajar lebih jauh tentang Montessori dan cara membuat APE sendiri di rumah supaya anak tidak banyak screen time
  6. Belajar lagi cara komunikasi yang baik dan latihan manajemen emosi dalam menghadapi anak di berbagai kondisi
  7. Membaca buku cerita anak dan nonton video anak yang terbaru/trend saat itu, serta mengenali lagu-lagu anak.
  8. Belajar time management!
  9. Memenuhi semua keperluan anak, lahir dan batin terpenuhi haknya
  10. Mengajak anak eksplorasi minat dan bakatnya

Umroh bersama keluarga

  1. Menambah penghasilan
  2. Banyak menabung
  3. Berdo’a dan memohon kepada Allah
  4. Mempersiapkan mental dan fisik
  5. Mempersiapkan ilmu dan wawasan terkait umroh
1 Like