Yuks moms, intip 8 tips memulai menulis


“Duh, kayaknya seru ya kalau cerita aku di tulis.”
“Habis ikut seminar nih, enaknya sharing di sosial media.”

Apakah moms pernah kepikiran seperti kalimat barusan? Atau punya cita-cita jadi penulis seperti Mira W, atau Tere Liye? Atau mungkin moms hanya ingin menulis artikel yang lebih baik untuk tulisan pada sosial media moms. Hal utama yang harus dilakukan adalah mempertajam keterampilan menulis.

Untuk menjadi seorang penulis handal dibutuhkan kerja keras. Tidak ada mantra ajaib yang dapat mempercepat proses untuk menjadi seorang penulis yang handal. Seperti mantranya pak Tarno… Prok…prok… dibantu Yah!.. Jadi apa?.. Jreng jreeng sudah terbit 1 buku buatan moms.

Tapi yakinlah kerja keras yang moms lakukan kelak akan sepadan dengan hasil yang akan dicapai. Nikmati sebuah proses menuju keberhasilan yang akan moms raih. Pastinya perjalanan menuju tangga kesuksesan akan moms lalui dengan penuh tantangan dan rintangan. Tetaplah dijaga api semangat di dalam dada, dengan itu moms akan tetap pada jalur yang telah moms tetapkan.

Nah, sekarang kita dapat simak beberapa tip berikut yang dikutip dari artikel CNN Indonesia “Tip Praktis Menjadi Penulis Handal” selengkapnya di sini: [Tip Praktis Menjadi Penulis Handal] Dalam artikel di katakan tips dirangkum dari media online lifehack. Leo Babauta seorang penulis dan Blogger profesional yang telah menekuni profesinya selama 17 tahun, memberikan beberapa tip untuk menjadi seorang penulis handal. Mari kita simak tip dari Leo Babauta berikut ini:

  1. Baca buku dari penulis hebat .
    Ini mungkin terdengar jelas, tapi harus dikatakan. Ini adalah tempat untuk memulai. Jika moms tidak membaca tulisan bagus, moms tidak akan tahu bagaimana melakukannya. Coba sebutkan penulis hebat kesayangan mom.

  2. Tulislah apa yang ada dalam pikiran moms.
    Usahakan menulis setiap hari, atau beberapa kali sehari jika memungkinkan. Semakin banyak moms menulis. Menulis adalah sebuah keterampilan, dan seperti keterampilan lainnya, moms harus mempraktikkannya agar menjadi lebih baik.

  3. Tuliskan setiap ada gagasan.
    Milikilah buku catatan kecil praktis, untuk generasi milenial bisa memanfaatkan smartphone dalam membuat catatan dan tuliskan gagasan untuk cerita atau artikel atau novel atau karakter. Tuliskan potongan percakapan yang moms dengar.Tuliskan potongan liku dan detail visual dan fragmen lirik lagu atau puisi yang menggerakkan hati moms. Memiliki gagasan yang ditulis akan membantu, karena bisa menginspirasi kamu dalam sebuah tulisan.

  4. Buat jadwal penulisan.
    Temukan waktu tertentu saat moms bisa menulis tanpa interupsi, dan jadikan itu sebuah rutinitas. Tuliskan paling sedikit 30 menit, tapi satu jam lebih baik.

  5. Rencanakan, lalu tulis.
    Sebuah perencanaan akan berguna pada sebuah tulisan, kamu bisa membangun sebuah tulisan yang diinginkan. Dengan perencanaan yang matang sebuah tulisan yang apik akan terwujud.

  6. Jadilah ringkas.
    Kalimat pendek biasanya lebih disukai daripada yang lebih panjang, dan kata yang jelas lebih disukai daripada dua bahasa jargon.

  7. Gunakan kalimat yang kuat.
    Bertujuan untuk kalimat yang lebih pendek dengan verba kuat. Tentu saja, tidak setiap kalimat harus sama - moms memerlukan variasi - tapi cobalah menciptakan kalimat dengan maksimal.

  8. Umpan balik.
    Moms tidak bisa menjadi lebih baik dalam ruang hampa. Mintalah seseorang untuk membaca lebih banyak tulisan yang moms hasilkan. Seseorang yang banyak membaca, dan bisa memberi umpan balik yang jujur ​​dan cerdas. Dan kemudian dengarkan. Benar-benar mencoba memahami kritik dan menerimanya dan menggunakannya untuk memperbaiki diri. Alih-alih terluka, namun berterimakasihlah pada pembaca moms karena telah membantu moms menjadi lebih baik.

3 Likes