5 Manfaat Ikut Kegiatan Volunter untuk Mental Ibu

[Konten ini merupakan hasil kerjasama Ibu Punya Mimpi dengan Social Connect]

Halo, Ibupreneur!

Apa sih, yang Ibu ketahui tentang volunter atau kegiatan sukarelawan? Atau Ibu pernah mengikuti program volunter sebelumnya? Selain menambah pengalaman serta relasi, kegiatan volunter ini bisa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental Ibu, lho, Ibupreneur! Mau tahu bagaimana volunter bisa berdampak untuk kesehatan mental Ibu? Yuk, baca lebih lanjut penjelasan Social Connect di bawah ini!

Apa itu Volunter atau Sukarelawan?
Definisi sebenarnya adalah seseorang yang tanpa dibayar yang dengan sukarela menyediakan waktu dan kemampuannya untuk tujuan tertentu di sebuah organisasi, misalnya di bidang kemanusiaan, lingkungan, pendidikan, dan sosial. Dari penjelasan yang sudah didefinisikan, memang terkesan melelahkan dan menguntungkan sebuah organisasi itu sendiri. Namun, banyak sekali manfaat yang
didapatkan untuk para volunter, lho. Simak, deh, 5 manfaat ikut kegiatan volunter untuk kesehatan mental Ibu. .

1. Menumbuhkan Rasa Empati
Dengan mengikuti kegiatan volunteering ini Ibu harus siap untuk enggak dibayar. Namun, dengan begitu kegiatan ini justru bisa menimbulkan rasa empati. Empati adalah aksi nyata dari rasa simpati, yaitu suatu tindakan nyata untuk mewujudkan rasa simpati tersebut. Misal Ibu membantu korban
pengungsian bencana alam, membantu para lansia, dan sebagainya. Begitulah rasa empati itu bertumbuh, Ibupreneur.

2. Dapat Membuat Individu Menjadi Bahagia
Ketika kita menjadi volunter, tentunya kita melakukan pekerjaan dengan sukarela, seringkali kegiatan itu bisa membawa manfaat, atau bahkan memberi kebahagiaan untuk orang lain. Dengan meneliti hormon dan aktivitas otak, para peneliti telah menemukan bahwa menjadi manfaat bagi orang lain dapat memberikan kesenangan, dan sangat baik untuk kesehatan mental.

3. Dapat Membantu Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Dengan Ibu melakukan peran sebagai seorang volunter, hal itu dapat memberikan rasa bangga karena telah berhasil berguna bagi orang lain dan identitas diri Ibu, sehingga Ibu dapat memiliki pandangan positif dalam hidup. Softskill Ibu juga akan terasah dengan baik. Hal ini tentunya akan membuat Ibu semakin percaya diri dan kelak dapat membantu mempersiapkan diri Ibu menjadi seorang Ibupreneur yang siap terjun ke dunia bisnis dengan segudang pengalaman. Hal itu menjadikan diri Ibu untuk lebih percaya diri ke depannya.

4. Memperbaiki Kualitas Kesehatan Fisik
Hasil penelitian telah menemukan bahwa individu yang memiliki rasa sukarelawan memiliki tingkat kematian lebih rendah daripada mereka yang tidak. Para volunter cenderung lebih mudah untuk mengatasi tugas sehari-hari dan memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik. Kabar gembira lainnya,
ternyata menjadi volunter juga dapat mengurangi gejala nyeri kronis dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Mengurangi Stres, Kemarahan, dan Kecemasan
Karena banyaknya melakukan kontak sosial dengan membantu dan bekerja untuk orang lain, hal itu bisa membantu memperbaiki kondisi psikologis termasuk meredakan stres. Bukan itu saja, apabila Ibu mengikuti volunter dengan program perlindungan hewan, hal itu menimbulkan suasana hati lebih baik. Karena telah banyak studi yang menemukan efek positif merawat hewan terhadap dampak psikologis. Salah satunya seperti yang telah dibicarakan Social Connect pada artikel yang berjudul ‘Mengurangsi Stres Dengan Kucing’.

Nah, itulah 5 penjelasan bagaimana kegiatan volunter bermanfaat bagi kesehatan mental Ibu, Ibupreneur! Bagaimana? Selagi masih muda, aktif, dan bertenaga, jangan ragu untuk mengembangkan diri dengan mengikuti banyak volunter kesukaan Ibu, ya!

Social Connect juga sering, lo, membuka program volunter atau internship melalui situs webnya dengan berbagai divisi yang beragam setiap bulannya. Yuk, pantengin terus Instagram Social Connect di @socialconnect.id untuk mengetahui update-an selanjutnya.


Tentang Social Connect
Social Connect adalah salah satu komunitas kesehatan mental terbesar di Indonesia yang hadir untuk membangun akses terhadap informasi dan pengetahuan kesehatan mental kepada siapa pun! Mimpi kami sangat sederhana, yakni menciptakan Indonesia yang inklusif, di mana orang-orang bisa bercerita dan berdiskusi tentang kesehatan mental tanpa takut akan stigma dan diskriminasi.

Tentang Djiwa
Social Connect meluncurkan Djiwa sebagai salah satu alternatif untuk mengoptimalkan tidur dan mencapai kebahagian dalam hidup. Aplikasi berbasis website ini diluncurkan pada 17 April 2021 dan dibuka untuk umum sejak 20 April 2021 secara gratis. Akses Djiwa sekarang di sini.

Tim Penulis dan Penyusun
Ditulis oleh Ayu Shafa Azzahra sebagai Media Relations Analyst di Social Connect. Penulis berada dibawah supervisi tim Media & PR Special Project dan tulisan ini sudah di review secara bahasa dan kesesuaian dengan konteks informasi oleh Nabila Azhari sebagai Editor Tata Bahasa Analyst di Social Connect. Apabila terdapat kesalahan pengejaan nama, tempat, dan lainnya silakan hubungi kami
untuk direvisi.

Kontak
Admin Social Connect | Senin—Jumat 09.00-17.00 WIB
halo@socialconnect.id | 0812 8467 3071
Kencana Tower, Mezzanine Floor Jl. Raya Meruya Ilir No.88 Business Park Kebon Jeruk, RT. 001 RW. 005 Kel. Meruya Utara Kec. Kembangan Jakarta Barat 11620

Sumber Tulisan

  • Okezone. 2015. “Lima Hal Penting Sebelum Menjadi Volunteer”. Diakses pada
    tanggal 1 Mei 2021 dari situs web news.okezone.com
  • Uswadi, R.N. 2021. “7 Manfaat Mengikuti Kegiatan Volunteer, Bukan Untuk
    Terlihat Suci !”. Diakses pada tanggal 1 Mei 2021 dari situs web osc.medcom.id
4 Likes

Jadi volunteer itu memang aneh yah, dikasih kerjaan sama Bu @Daisyadr , sulit (keluar dari comfort zone) tapi bikin hepi :laughing:

  1. Menumbuhkan rasa empati? :woman_with_headscarf:t4: Cheeeeck!
  2. Dapat membantu individu menjadi bahagia? :woman_with_headscarf:t4: Bener ugaa!
  3. Dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri? :woman_with_headscarf:t4: Woiiyaa jelas!
  4. Memperbaiki Kualitas Kesehatan Fisik? :woman_with_headscarf:t4: Brb… cek timbangan dulu.
  5. Mengurangi Stres, Kemarahan, dan Kecemasan? :woman_with_headscarf:t4: Bisaa jadii! *Walau suka cemas kalo belum setoran, tapi membantu achieving sense of accomplishment sih.

Jadi volunteer emang bukan buat terlihat suci, tapi karena bosan mencuci :upside_down_face: Terima kasih playground terbaikkuu IPM :kiss:

2 Likes

Waw aku mendengar namaku disebut :upside_down_face:
Glad to have you, Bu @Feby! :heart:

2 Likes