Budget Operation Live Chat with Tutor (Arini) Batch #3

Ibu Batch #3 Untuk live chat dengan mba @ariniastari tentang Budget Operation disini yah, terima kasih.

2 Likes

Makasih Mba @annisapertiwi

Selamat sore mba @ariniastari, saya Narsika yg kemarin mau usaha kurasi skincare. Manggilnya chika aja ya mba hehe. Sebelumnya mau minta maaf dulu kalo pertanyaannya mungkin oot tp saya butuh insight dari mba arini hehe

  1. Saat pandemi kan suka terjadi regulasi yg ga terduga sehingga membuat harga barang naik, yg awalnya sudah kita pricing sekian tp dr produsennya mengalami kenaikan, kira2 gmn mengatasinya? Saya tdk ingin memasang harga terlalu tinggi jg krn konsumen jg bs lihat dan cek di toko2 sebelah gitu hehe.
    Jujur jg saya agak kesulitan utk pricing, kdg liat kompetitor sebelah eh lebih murah ya, wah ada ina inu jd agak2 galau gt :joy:

  2. Krn sedang mengusahakan konsinyasi, kira2 ada kiat2nya ga mba utk mengajak kerjasama dgn produsen/brand?

  3. Kira2 utk promo2 gitu, baiknya dilakukan saat apa aja ya mba? Sebatas saat launching atau juga ikut2an hype kaya 10.10 dst?

Makasih banyak atas waktu dan kesempatannya mba :slight_smile:

1 Like

Hai mba @ariniastari… mohon maaf krn senin kemarin sya ga hadir di zoom, kalau misal utk yang usahanya Reseller tanpa stok barang, menentukan budget nya gimana yaa? karena kan ga pakai modal dan stok.

apa hanya budget untuk kuota sajakah?

Terimakasih sebelumnya mba @ariniastari

terimakasih.

1 Like

Hi @narschika,

  1. Betul banget nih, memang karena pandemi harga barang-barang jadi tidak menentu. Nah ini harus kembali ke budgetingnya seperti apa, kalau misal modal cukup lebih baik stok bahan baku tapi kalau ternyata juga tidak memungkinkan (misal karena bahan bakunya cepat expired) ada baiknya untuk ambil margin lebih tinggi supaya jaga-jaga jika harga bahan bakunya naik, kita tidak perlu menaikan harga dan ketika bahan baku nya harganya turun, bisa bikin campaign diskon mungkin? Kalau membandingkan harga ke kompetitor pasti ga ada habisnya, ingat aja sama unique value proposition produk yang kita tawarkan :smile:

  2. Konsinyasi akan sangat tricky nih. Pengalaman saya dulu juga di belsbee, pas kita belum punya “brand” dan kebetulan konsep kita kan ngegaet desainer besar, jadi mau ga mau awal2nya kita beli habis itu setelah bisa buktikan kalau kita bisa “lakuin” produk mereka, baru akhirnya mau. Jadi benar-benar personal communication ke brand-brand tersebut juga penting.

  3. Kalau 10.10, biasanya itu dari marketplacenya juga akan kasih kayak subsidi, sebisa mungkin sih dimanfaatkan saja kalau menurut aku hehehe promo sebenernya bisa kapan aja, tapi harus ada ALASAN / temanya. Karena kalau cuma diskon2 potong2 harga aja, terkadang jadinya punya brand damage seperti barang ga laku, mau expired ya, dll.

4 Likes

Hi @MomAraz,

Meskipun tanpa stok, tapi pasti ada target dong yang ingin dicapai? :smile: nah dari target itu bisa juga dihitung manpowernya, butuh karyawan brp? buat apa aja? dllnya

2 Likes

Hallo bu Arini. Terimakasih untuk kesempatannya. Masih berhubungan sm tugas yang ibu berikan. Aku masih bingung perihal gaji karyawan harus nya diambil dr mana? Selama ini aku ambil fee buat karyawan dari hpp☹️

2 Likes

Masih pertanyaan yang sama seperto kemarin karena aku belum pahaml​:frowning::frowning::frowning:

2 Likes

Noted utk pricing dan promo makasi mba.

Iya Mbaa bener banget ternyata perlu effort bgt utk brand bs percaya sama usaha yg baru banget dirintis yg masi belum keliatan apa2. Saya jg lg mikir bgt kalo emg semua harus beli putus, ada rasa2 takut jg si bakal laku ga ya yg sudah kita kurasi in haha.

Jadi kira2 gmn saran mba arini utk stok barang di usaha kurasi yg modal nya blm cukup banyak dan terkendala utk konsinyasi?

Sama 1 lagi mba ada tipsnya utk liat tren/selera si target market kita kah?
Makasi mba @ariniastari

2 Likes

Selamat sore mba @ariniastari, saya vivi. Maaf sebelumnya senin kemarin saya tidak hadir di kelas zoom.
Saya ingin bertanya,

  1. tiba2 ada lemburan dan membuat kenaikan biaya listrik dan yang tidak terduga lainnya, itu gimana cara menyiasatinya ya mba?
  2. Kalau tunjangan untuk karyawan itu biasanya diambil dari biaya mana ya mba?

Terima kasih :blush:

2 Likes

Hi Mba @ariniastari aku kemarin ngga sempat tanya saat live zoom. Bisnis yang lagi aku jalanin sekarang di bidang Influencer marketing. Revenue yang aku dapat hampir semua adalah dari dari brand yang mana pembayaran 30-60 hari setelah campaign selesai dan invoice dikirim. Nah untuk mengatur budget supaya cashflownya sehat ada tips2nya ngga Mba? Hehe…

4 Likes