Gapai Mimpi Ibu dengan “Ibu Raih Mimpi”

“Program Ibu Raih Mimpi merupakan program lanjutan dari Beasiswa Ibu Punya MImpi. Kami design program ini khusus untuk Ibu yang inging mengembangkan bisnisnya. Dengan program belajar ini kami berharap Ibu bisa belajar untuk membesarkan bisnis dan alokasi modal bisnis untuk membantu Ibu meraih Mimpinya"

. - Marisa Paramita, CEO Ibu Punya Mimpi.

Kalimat tersebut adalah kalimat yang akan menyambut Ibu jika membuka laman Ibu Raih Mimpi. Program yang berjalan selama 24 minggu ini merupakan salah satu program inovatif yang diselenggarakan oleh Ibu Punya Mimpi. Para ibu yang mengikuti program ini bisa mengikuti mentorship, 1 on 1, dan belajar mengenai investasi. Waw, sungguh menggiurkan banget programnya ya Bu?

Pada saat tulisan ini dibuat, batch 1 sedang memasuki proses investasi. Dan bisnis yang tergabung dalam program Ibu Raih Mimpi batch 1 ini ada 6 bisnis dari 8 bisnis yang mendaftar. Hmm tambah bikin penasaran mengenai programnya, deh!

Kebetulan kemarin aku memiliki kesempatan untuk melaksanakan sesi interview dengan Portofolio Officer dari Ibu Punya Mimpi yaitu Bu Aulia mengenai program ini. Jadi untuk para ibu yang tertarik mau ikutan program ini, baca terus sampai habis ya!

Pertama-tama kita bahas dulu mengenai alasan kenapa program ini dibuat. Tentu ketika membuat suatu program, ada beberapa hal yang mendasari dan memotivasi sehingga program tersebut bisa dijalankan. Menurut Bu Aulia, program Ibu Raih Mimpi ini pada awalnya didasari oleh beberapa hal :

  • Adanya perbedaan yang cukup tinggi antara UMKM yang dimiliki oleh pria dengan UMKM yang dimiliki oleh wanita. Dari riset yang ada, terdapat hasil yang mengatakan bahwa UMKM di Indonesia hanya 20% yang dimiliki oleh wanita.
  • Bisnis yang dimiliki oleh Ibu, biasanya belum memiliki banyak rekam jejak yang bisa dipertanggungjawabkan. Padahal rekam jejak sangat dibutuhkan agar bisa membuat bisnis lebih berkembang karena berpengaruh ke berbagai aspek, salah satunya terhadap pinjaman atau pun investasi. Salah satu kemungkinan ini bisa terjadi adalah para ibu yang biasanya lebih fokus pada keluarga.
  • Ingin membantu agar bisnis ibu memiliki portofolio investasi agar menarik minat calon investor. Oleh karena itu, ada program percobaan investasi dalam Ibu Raih Mimpi agar ibu bisa belajar mengelola investasi. Diharapkan dari program tersebut bisa membantu perkembangan bisnis ibu sehingga bisa dimasukkan ke dalam portofolio dan menjadi bukti bahwa bisnis ibu layak untuk mendapatkan investasi.

Pastinya setiap program diharapkan memiliki impact yang bisa bermanfaat ya, Bu? Ibu Raih Mimpi juga tentu memiliki keinginan untuk impact tersebut, yaitu ingin membantu bisnis para ibu agar bisa “ investment ready ”.

Apa itu “ investment ready ”?
Jadi ketika bisnis Ibu sudah selesai mengikuti semua program yang diberikan oleh Ibu Raih Mimpi, diharapkan bisnis Ibu sudah siap mendapatkan investasi dari pihak lain. Karena dalam program ini, selain diberikan dana investasi, Ibu juga diajak untuk belajar bagaimana mengelola dana investasi tersebut agar membuat bisnis Ibu lebih berkembang. Sehingga jika bisnis Ibu growth , maka akan terlihat dari revenue yang dimiliki dan diharapkan bisnisnya bisa lebih sustain .

Di sisi lain, Ibu Raih Mimpi juga bisa memberikan rekomendasi kepada para investor yang tertarik ingin investasi dan tentu bisa juga memberikan rekomendasi kepada para Ibu mengenai investor-investor mana saja yang memungkinkan untuk investasi.

Waw, pasti tambah ingin ikutan program ini ya Bu? Penasaran gimana caranya supaya bisnis Ibu bisa ikutan program ini? Tenang, Bu Aulia kasih bocoran tentang apa aja indikator yang biasanya dijadikan dasar untuk memilih bisnis yang dianggap bisa ikutan program ini:

  • Seberapa percaya diri Ibu dengan bisnis yang sedang Ibu jalankan? Ini menjadi poin penting karena program ini berjalan cukup lama dan pasti akan ada up and down yang terjadi. Jika Ibu memiliki kepercayaan kepada bisnis Ibu, maka pasti bisa melwati masa-masa sulit itu.
  • Seberapa terbuka Ibu dengan input yang nantinya akan dishare oleh para mentor atau oleh CEO Ibu Punya Mimpi. Karena dengan keterbukaan ini, maka Ibu akan bisa mendapatkan input-input yang dipastikan bisa membantu bisnis Ibu jadi lebih berkembang.
  • Keadaan finansial bisnis Ibu. Kenapa ini penting? Karena ada biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan, yang diharapkan dikeluarkannya dari dana bisnis Ibu bukan dari dompet pribadi. Hal ini dikarenakan tujuan dari program ini adalah mengembangkan growth business untuk bisnis Ibu.
  • Dan jangan lupa, bisnisnya harus sedang beroperasi, bukan yang sedang masa idle.

Nah mumpung sekarang batch 1 masih berjalan dan batch 2 sedang dalam proses pematangan program, yuk langsung siapkan bisnis Ibu supaya bisa ikutan program ini di batch selanjutnya! Karena, lagi-lagi, ada bocoran dari Ibu Aulia bahwa di batch 2 nanti aka nada skema baru yang membuat programnya dijamin lebih enjoy!

Sampai bertemu di Ibu Raih Mimpi, Bu! :heart:

8 Likes

Yeaaay!! Colek ibu ibu IRM aahh~

@Wisam @yofaramd @nindaarlitasari @suzieicus2207 @rahaayupratiwi @Loveliest :smiling_face_with_three_hearts: :smiling_face_with_three_hearts: :smiling_face_with_three_hearts:

1 Like

I am always indebted to Ibu Punya Mimpi; for me, personally, karena memulai from scratch dibantu oleh Ibu Punya Mimpi. Aku jadi membranikan diri coba ini itu; jadi berusaha adopting Growth Mindset. Terima kasih ya Ibu.

Program Ibu Raih Mimpi bagus sekali, terutama untuk yang buta sekali seperti aku; dapat guidance yang sifatnya tidak hanya bisnis, tapi juga self-development. Emang untuk bisa membangun suatu brand/ bisnis (atau bahkan anak?), kita harus pastikan diri sendiri juga grow together sama yang kita bangun itu. Perjalanan saya baru secemet dan masih panjang; tapi in sha Allah istiqamah ya kalau merasa ada support system yang selalu mendorong dengan penuh cinta uhuy. Hatur nuhun sadayana tim Ibu Punya Mimpi dan Bu @auliacitra yang sudah extra sabar sekali sama aku. Ngapunten pisan ya Buk aku ribet dan banyak maunya; tapi diakomodir dengan baik dan hangat sekali sama Bu Aulia, Bu @marisa , Bu @Fathya , dan tim Ibu Punya Mimpi :smiling_face_with_three_hearts: :kissing_closed_eyes:

4 Likes