Picsart, Visual Creator Tools Yang Jadi Unicorn Baru 🦄

Haloooo tim Canva, pernah coba Picsart belum?

Picsart Is Tech’s Newest Unicorn — And Adobe Should Be Afraid” - Forbes (2021)

Online design software dengan 150 juta pengguna aktif tahunan ini, bergabung di jajaran perusahaan Unicorn bervaluasi lebih dari $ 1 Miliar (setara sekitar IDR 15 Triliun) loh di Agustus 2021.

Ada cerita menarik nih dari pendirinya, Hovhannes Avoyan (56 tahun), bermimpi pergi ke sekolah seni yang dikelola negara Uni Soviet. Untuk masuk, pelamar harus menyerahkan gambar benda mati dari vas. Sketsa Avoyan gagal mengesankan dan dia ditolak masuk lalu beralih ke computer science.

Tapi dia tetap menjadi pecinta seni dan mendorong anak-anaknya untuk mengejarnya. Suatu hari di 2011 putrinya yang berusia 11 tahun, Zara, datang kepadanya dengan sedih. Dia posting gambar di media sosial dan menerima komentar kasar, sehingga ia ingin berhenti menggambar.

“Itu mengingatkan saya pada situasi ketika saya menyerah untuk berkarir di seni karena saya tidak mendapatkan dukungan yang tepat.” Jadi, Avoyan membuat aplikasi seluler yang bisa membantu putrinya meningkatkan kualitas fotonya. “Saya ingin memberinya lingkungan yang positif dan memberinya sumber daya untuk memberdayakan bakat kreatifnya.”

Everything happen for a reason. Sometimes you experienced unpleasant journey so you could help others that start after you. Seperti Avoyan yang justru membantu jutaan orang menikmati proses membuat seni di seluruh dunia.

Picsart

Visual Creator Tools Semakin Populer

Pandemi ikut mendorong semakin banyak pengguna aktif terus membuat konten. Ternyata dengan keterbatasan #dirumahaja, orang-orang jadi makin kreatif dan mengalihkan kebutuhan hiburannya ke konten digital. Para pemilik bisnis juga harus meningkatkan keberadaan nya secara online supaya dikenal calon pembeli dan menjaga pelanggan loyalnya. Kita banget nih ya Bu, jadi pemilik bisnis sekarang wajib punya kemampuan dasar social media marketing.

Picsart ini secara demografi didominasi oleh Gen Z dan pengguna di bawah 35 tahun. Kalau dibandingkan kan dengan Canva sih, Picsart unggul di fitur digital imaging dan punya forum yang rajin membuat challenges. Oh ya, Picsart sekarang juga bisa pakai versi desktopnya, biar lebih mantap :grin:

248352331p

Ibupreneur akan suka Picsart kalau:

  1. Butuh tools buat digital imaging yang sangat mudah. Seperti pakai preset, jadi tinggal pilih mau final looknya yang mana, lalu upload foto dan Picsart akan memberitahu langkah apa saja. Misalnya, mau bikin foto ala cover majalah Vouge, cukup tap empat kali, BAMM! jadi deh.
  2. Suka sama digital ilustrasi, atau kombinasi antara foto dan ilustrasi.
  3. Suka cari ide design yang out of the box.
  4. Butuh color grading photo atau video supaya tampilannya lebih kohesif dengan gaya foto produk atau personal lainnya.

Tertarik buat ikut coba cobi Picsart Bu?

Tenang… seperti Canva, software ini juga punya layanan yang gratis. Kalaupun mau berlangganan ada paket 120 ribu per bulan, atau 718 ribu per tahun (per bulannya jadi 59 ribu) dengan free trial 7 hari.

Aku pernah coba berlangganan dan pakai beberapa kali karena ga punya photoshop. Lebih seringnya dipake sama anakku, dia suka banget berkreasi macam-macam disitu.

Share dong buat Ibupreneur yang pernah menjajal software ini.

Referensi: Picsart Is Tech’s Newest Unicorn — And Adobe Should Be Afraid

1 Like