QnA #JikaIbuMenjadi Diploma Montessori

Hai Buibu!

Selamat datang di kelas #JikaIbuMenjadi Diploma Montessori

Pada topik ini, silakan Buibu gunakan untuk upload challenge, bertanya ataupun berdiskusi seputar Diploma Montessori

Selamat berproses Bu!! :heart:

Halo Bu Nurul, salam kenal, nama saya Narita. Terima kasih banget untuk materi tentang Montessori nya ya, Bu. Berikut saya lampirkan tugas roleplay https://www.instagram.com/p/C0Bkr8WLlm7/. Mohon koreksinya ya, Bu. Terima kasih banyak

1 Like

Halo Bu Nurul, Saya Viona, salam kenal👋
Terima kasih ilmunya tentang Diploma Montessori ini.
Berikut saya lampirkan tugas roleplay-nya.
Mohon koreksiannya ya bu
Terima kasih :revolving_hearts:
Roleplay JIM DM

Hallo bu nurul, perkenalkan nama saya fanny…
Trimaki untuk kelas dn materinya…
Berikut sy lampirkam tugas roleplaynyaa…
Mohon masukannya.
Trimkasih

https://www.instagram.com/p/Cz8v-ELR70U/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Pagi Buibu, tiba di penghujung rangkaian program #JikaIbuMenjadi Diploma Montessori. Terima kasih atas semangat dan antusias Ibu-ibu semua untuk belajar materi profesi ini dengan baik dan insightful. Diksusi yang apik dari materi yang dibawakan dan diberikan secara hangat dan luwes oleh Ms Nurul Dzikirillah. Ini menjadi batu loncatan untuk kita semua semangat dalam menemani dan menjalankan peran dalam pengasuhan dan membersamai pertumbuhkan anak serta keluarga.

Diploma Montessori: Metode montessori menekankan pada kebebasan dan aktivitas anak-anak sambil menerapkan gagasan pembelajaran langsung melalui latihan kelompok dan permainan. selain itu, terdapat beberapa prinsip utama yang mendasari metode ini.

Menurut Maria Montessori pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang diberikan untuk anak 0-6 tahun dilakukannya dilingkungan sekolah dengan materi keterampilan sehari-hari menggunakan metode lahiriah dan batiniah yang memberikan kebebasan anak untuk memilih aktivitas dan media yang ingin digunakan.

Manfaat Montessori:
Manfaat metode montessori lainnya yaitu meningkatkan ketertiban pada si Kecil. Ketika anak-anak selesai dengan suatu kegiatan, mereka akan mengembalikan barang-barang ke tempatnya. Proses pembelajaran ini akan membantu meningkatkan rasa tertib dan membentuk kebiasaan yang teratur pada anak.

Kurikulum Montessori:
Model pembelajaran Montessori memfokuskan pada pengembangan aspek motorik, sensorik dan bahasa. Penekanan utamanyaditempatkan melalui pengambangan alat-alat indera. Model pembelajaran Montessori membebaskan anak untuk bergerak, menyentuh, memanipulasi dan bereksplorasi secara bebas.

Biaya Sekolah Montessori: sekolah montessori sendiri memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada sekolah umum. Bukan tanpa alasan, ini karena sekolah dengan kurikulum ini menggunakan alat-alat khusus untuk pembelajaran serta guru yang harus dilatih terlebih dahulu.

Key Points to Take Aways

  • Triad Montessori: Anak, Orang Dewasa Lingkungan
  • Anak yang fokus adalah anak yang dapat menimbukan fokus yang lama.
  • Kegiatan yang sesuai sama minat anak
  • Perbanyak gross motor ke playgorund
  • Sensory Play
  • Sertfikasi Diploma Montessori butuh dukungan penuh dari keluarga ketika Ayah/Ibu sedang menempuh pendidikan ini, karena manfaat yang dirasakan akan untuk satu keluarga
  • Jika Ayah/Ibu ingin mengambil sertifikasi Diploma Montessori, perbanyak tanya pada Institusi terkait. Karena tiap Institusi punya program dan cara yang berbeda, mana jalan dan cara kerja yang cocok dengan waktu dan rutin kita sebagai sebagai Orang Tua
    – Perlu banyak adaptasi terhadap lingkungan baru ketika anak yang sedari kecil sekolah dengan Kurikulum Montessori. Tapi, hal ini bisa diatasi dengan baik dengan memberikan pengertian kepada si Anak dan Montessori yang telah dipelajari bisa diterapkan di ruang lingkup lain, misalnya di rumah bersama keluarga atau orang terderkat
  • Kendala dan Challenge pada saat sekolah Montessori pada Anak dan Ibu. Balik lagi kepada rules Montessori, bahwasannya kita sebagai Orang Tua juga belajar untuk pengembangan karakter si anak jadi wajib untuk Follow The Child, kita tengok lagi range usia anak “Apakah ia sudah butuh?” “Jika ia sudah bisa berarti ia sudah mau dan butuh?” ubah mindset kita sebagai Orang Tua dengan yang biasanya mengatakan “Kok anakku belum bisa ini itu atau yg lainnya?” karena dasar Montessorinya sendiri adalah anak berhak menentukkan dengan cara apa ia belajar. Challenge untuk Orang Tuanya adalah pada saat menempuh Pendidikan Diploma Montessori, mungkin banyak yang berubah dalam hal Manajemen Waktu, Kebiasaan yang dilakukan di rumah bersama keluarga, Menjaga Komunikasi 2 Arah dalam Pengasuhan selama Belajar.

Pendidikan itu bukan hanya sekedar akademis, bukan hanya sekedar kognitif, motorik dan kemampuan sosial. Namun, harapan terbesar ada di pendidikan adalah peradaban. Untuk bisa menghasilkan peradaban yang jauh lebih baik, kuncinya ada di tangan kita. Sudahkah kita berdaya dan memiliki kompetensi serta membantu anak2 ini menciptakan peradaban yang jauh lebih baik?

Kita harus jadi bangga jadi bagian penting dalam pembentukkan karakter anak yang telah dibangun di usia dini sesuai dengan minat dan keinginannya untuk belajar.

Salam,
Mimma & Teman Ibu :blue_heart: :pray: :smiling_face_with_three_hearts:

1 Like

Assalamualaikum, terimakasih Ibu punya mimpi, Ms nurul atas tutor ya… Seru banget ya bermain peran jika jadi diploma montessori… Berikut saya lampirkan link tugas role play nya, mohon koreksinya

keluargaabaumma on Instagram: "Seru juga ikutan kelas @ibupunyamimpi, umma bermain peran sebagi #diplomamontessori yg dipandu oleh Ms @nuruldzikrillah dari @montessori_haus_asia @kolaborator_ibupunyamimpi Nah, role play nya itu umma memberikan aktivitas pra menulis pada anak2.. Aktivitas pra menulis itu apa sih? Sebenarnya ini kegiatan yg perlu anak2 lakukan sebelum ia bisa menulis beneran menggunakan alat tulis Kenapa ini perlu, agar anggota tubuh anak mendukung kegiatan menulis bisa kuat.. Jdi di latih dulu, seperti otot tangan dan otot jari.. Umma pilih kegiatan yg sederhana ini saja menggunakan cotton bud untuk melatih jari jemari anak2 Semoga menginspirasi ya... #roleplay #ibupunyamimpi #diplomamontessori #keluargaabaumma"

Halo Ms Nurul terimakasih untuk ilmunya ya!:heart:
Berikut ini saya lampirkan link tugas saya☺️

Hallo Bu, salam kenal, saya Lizza seorang ibu dengan anak balita. Saya sangat antusias mengikuti materi montessori. Terima kasih banyak atas ilmu pengantarnya terkait montessori. Berikut adalah link roleplay montessori dari saya Lizza Zaen on Instagram: "Bisa menulis dan membaca adalah salah satu keinginan dan pencapaian yang diharapkan oleh para oramgtua. Namun, mengajarkan menulis dan membaca nyatanya tidak instan karena memerlukan tahapan aktivitas tersendiri sesuai tumbuh kembang anak. Pasalnya, jika menulis bukan sekedar aktivitas duduk dan memegang pensil. Lebih daripada itu, menulis membutuhkan keterampilan otot halus serta fokus pada anak. Oleh karena itu, untuk mendukung proses belajar menulis dan membaca, diperlukan beberapa aktivitas yang dapat melatih otot kasar dan halus pada anak sehingga ketrampilan dan fokus anak dalam belajar menulis mudah dibangun dan diterapkan. Kalau Ayah Ibu, aktivitas apa sih yang dilakukan anak untuk mendukung proses belajar menulisnya? Yuk, share pengalaman Ayah Ibu mendampingi proses bermain dan belajar anak! #sensoryplay #sensoryplayideas #montessori #montessoriactivity #writingskills #prewritingskills" Mohon dicek dan kritik, saran dan koreksinya apabila ada yang kurang sesuai. Terima kasih :slight_smile:

halo bu berikut reels role play saya (Emma)

Annisa vera Carolina K
Ini roleplay saya

Annisa Vera_Rayyan 4th

Selamat malam bu… Salam kenal
Berikut link roleplay saya

Mohon masukannya bu​:pray: terimakasih untuk sharing Dan kesempatannya yaa buuu :blush: