Superpower Ibu!

Hai ibu!
bagaimana kehidupan di minggu ini? semoga banyak proses dan kesempatan belajar yang ditemui yaa.

Seperti biasa, setiap Hari Sabtu kita akan ngobrol seputar #Tantanganibu! minggu ini topiknya adalah SUPERPOWER

Coba share yuk menurut ibu apa kekuatan atau kelebihan yang ibu miliki yang paling menonjol dari diri ibu! harapannya dengan ibu membagikan kekuatan ibu, ibu yang lain pun bisa ikut terinspirasi untuk mencari dan menemukan kekuatan di dalam dirinya. Karena kita butuh menyadari kekuatan kita untuk terus bisa berkembang dan berproses setiap harinya :grin:

Selamat berbagi superpower!

7 Likes

Hai Ibu,

Seminggu ini aku lagi hectic banget ngolah komunitas, bikin konten buat olshop ku dan urus anak urus rumah tangga sampe udah 5 hari ini aku tidur jam 2 pagi terus :sob:
Tapi aku senang bu, aku senang berada di antara banyak orang dan dapat berbagi, aku senang bisa mendengar dan memberi advice untuk mereka semua, thats why aku memilih menjadi beauty consultant :grin:

Dan mungkin superpower ku adalah punya tenaga ekstra untuk melakukan semua ini sendiri, sangat percaya diri disaat berdiri di antara banyak orang, senang mendengar, mau mencoba dan mau mengambil resiko. Karena prinsip ku, kalo gak sekarang kapan lagi? Kesempatan kedua memang ada tapi gak semua hal memiliki kesempatan kedua bahkan ketiga atau seterusnya :slightly_smiling_face:
Aku percaya diriku dan kemampuanku walaupun diluar sana gak setuju denganku, keep moving forward

Terdengar narsis gak sih bu? :sob:

7 Likes

Haiii mom… Aku tidur jam 2 ato 3 dini hari sudah menjadi rutinitas… Masih aktif di atas jam 12 malam biasanya aku nikmatin aja sebagai Me Time ku… Hehehhee

Semangaaat ibu…

5 Likes

Hi ibu @msbella_sabels! Terima kasih sudah share! Apapun superpower yg Kita rasakan, gak ada yg terkesan narsis kok bu krn itu penguatan utk Kita sendiri :grin:

2 Likes

Aku biasanya paling malam tidur jam 12 malam mom vita, karena bukan orang yg kuat begadang :sob: bahkan dulu waktu si anak lahir bersyukurnya aku cuma begadang sampe si anak umur 3 minggu. Mom vita malah me time di atas jam 12 malam ya mom :pleading_face:

semangat juga untuk mom vitaaa :heart:

3 Likes

Hai ibu @Fathya, Ibu @msbella_sabels, @sevita_milkribo

Superpower saya, saya bisa diandalkan dan suka berinisiatif. Misalnya dalam satu kelompok, saya bisa jadi sebagai pendorong atau mengajak teman lain. Tapi saya belum bisa persuasif untuk berjualan, saya juga belum tahu.
Oleh karena itu, saya membuat investingmom.id lebih banyak untuk sharing dibanding “jualan”.

Saya sangat introvert. Jadi ketika kelelahan, sangat membutuhkan kesendirian untuk re-charge. Misalnya tidur sebentar namun berkualitas. Atau mendengar musik sambil di depan laptop atau sambil memasak.

Cita-cita saya justru pengen seperti @msbella_sabels nih,bisa tidur singkat. Kemarin ketika Ramadan dan setelahnya bisa konsisten bangun jam 3, dan mulai me-time. Sekarang perlu pembiasaan lagi.

Salam,
Dian

6 Likes

Hey @Fathya,

Ini topiknya seru sekali, memang harus dibiasakan untuk mencaritahu Superpower kita yaa. Dulu aku agak terkejut ketika bekerja dengan perusahaan asing, dengan West-culture dimana setiap minggunya kita harus menemukan 3 Strength Power, jujur diawal aku agak kaget dengan ini. Namun makin lama makin terbiasa dan memang sangat dibutuhkan untuk mengukur Growth dalam diri kita.

Dari kecil, psikolog dulu selalu bilang kalau aku punya kemampuan melihat pattern yang orang lain tidak bisa lihat. Hal itu sangat tertanam dibenak aku. Waktu dulu belum begitu mengerti, jadi berpikirnya lebih - “Oh mungkin yang dimaksud itu Creativity kali yaa”

Makin kesini aku melihat bahwa mungkin Visionary yang lebih tepatnya untuk sekarang. Mungkin untuk saat ini, itu Superpower yang mau aku embrace yaa.

Merasa sangat setuju dengan Ibu @Dian, aku sesungguhnya adalah introvert juga. Makanya kalau habis call pasti langsung menuju ke sofa, baca buku atau nonton. Disitulah pikiran aku akan memproses semua yang harus aku pikirkan.

3 Likes

Hai ibu @Fathya

Benar kata ibu @marisa saat Jumat lalu, orang Indonesia suka auto mikir keras kalau ditanya Superpower atau kelebihannya, salah satu nya Saya… Hehehe.
Tapi kalau ditanya kekurangannya apa dengan mudah menyebutkan apa saja. Entah apa yang membuat seperti itu, sehingga kebanyakan orang Indonesia takut untuk mengeluarkan pendapat, takut untuk kritis. Beda dengan orang-orang yang tumbuh besar dengan West-culture (entah pernah tinggal di Luar negeri, ortu ada yang bule, atau sekolah di International School).

Setelah saya lihat ke dalam diri saya, apa sih Superpower saya? Saya seorang konseptor. Ya, saya akan sangat bersemangat saat mengonsep sesuatu, saat saya menjadi salah satu MT (Management Trainee) di Bank tempat saya bekerja dulu, dalam tim saya tipe Starter. Dan saat mengikuti Program Mom Leadership Academy nya ORAMI, dimana kami dibagi menjadi beberapa kelompok menurut Provinsi domisili, tugas kelompok adalah membentuk Komunitas bulan April lalu, saya termasuk inisiator di kelompok saya, dari mulai mengagas visi misi, project komunitas, program kerja, dll. Kalau kata salah 1 mom di kelompok saya, saya salah satu “kepala” nya komunitas, karena ide2 cukup banyak datang dari saya. Yang tentunya dimatangkan lagi dengan diskusi dan musyawarah.

Seperti ibu @Dian dan ibu @marisa, saya seorang Introvert yang sangat bahagia kalau bekerja di belakang layar dan di saat sendiri/sepi saya lebih bisa fokus dan ide2 bisa berlari2 liar di kepala saya. Maka dari itu bu @msbella_sabels, saya sebut jam malam saya itu adalah Me Time saya, karena saya menikmatinya dan saya happy saat produktif di keheningan malam.

Oiya, saya seorang INTJ-T, ada yang sama kah?
Hasil test STIFIn (tes sidik jari) saya adalah Thinking Extrovert, ada yang sama juga kah dengan saya? Hehehe…

Jadi panjang yaa…
Terimakasih ibu @Fathya , sudah angkat Topik ini, dan karena itu pula saya pun menemukan Superpower saya. Yang selama ini suka bingung jawab apa kalau ditanya kelebihan diri.

3 Likes

Wahhh bu vita kita bertolak belakang nih hihi aku seorang ESTP-A bu :smile:
Aku lebih ke eksekutor bu :smile: dan aku lebih seneng kerja bareng bareng, di keramaian bahkan sambil ketawa tawa sama temen sendiri gitu bu :rofl: tapi jeleknya, aku jadi kurang fokus ke tujuan, lebih sering improve :laughing:

2 Likes

Wah senang sekali lihat diskusi ibu-ibu di sini. Aku sepakat sekali bahwa awal-awal pasti aneh ya rasanya diminta untuk “memuji” diri sendiri di depan umum. Tapi, itu kenapa juga aku mengangkat topik ini :laughing: karena, kalau bukan dimulai dari diri kita sendiri yang mengenali dan mengakui kekuatan kita, bagaimana orang lain bisa melihat hal baik tersebut. Makasih looh ibu-ibu sudah berusaha menemukannya!

kalau aku merasa salah satu superpowerku adalah adaptif, aku merasa selama ini banyak “diselamatkan” oleh kemampuan ini sehingga setiap kali bertemu situasi baru, biasanya aku cukup cepat melebur, beradaptasi, sampai menemukan hal seru apa yang bisa ku lakukan di situasi tersebut.

Seneng bisa tahu kekuatan ibu lainnya!!

4 Likes

Hi Ibu,
Superpower saya dan sekaligus jadi kelemahan saya juga, saya suka membantu orang lain, kalau ada yang butuh bantuan saya langsung saja tanpa mikir panjang langsung bantuin siapa pun itu. kebalikan sama Mom @sevita_milkribo saya ga bisa begadang, harus cukup tidur 7-8 jam sehari supaya bisa waras dan fit.
Seperti sekarang ini anak dari tukang jahit langganan saya hampir berhenti sekolah, karena menunggak uang sekolah selama Covid ini, saya lunasin uang sekolahnya dan ajak tinggal di rumah untuk bantu saya di rumah sambil dia tetap bersekolah.
oppss rasanya pamer yaa… ini beneran ga biasa memuji diri sendiri… but anyway I typed already… :face_with_hand_over_mouth:
thank you kesempatan untuk ceritanya Ibu …

6 Likes

Hai Bu @Fathya

Superpower saya (kayaknya) bisa step back dan observe. Saya seneng jadi pendengar kalem dan penyimak khidmat orang-orang sekitar saya. Biasanya dari hasil menyimak itu jadi dapet ilmu baru (suka punya hipotesa di kepala tentang suatu hal atau seseorang, lalu observasi bener ga hipotesa itu benar sambil sedikit memberi bait untuk menguji hipotesa itu - apapun itu bentuk baitnya - either mengemukakan sesuatu atau melakukan sesuatu). Kadang dengan bait yang saya lempar, orang jadi punya opini sendiri tentang saya, and I don’t mind. Sometimes being an underdog is fun, jadi kita bisa freely analyzing under radar.

Dari observasi ini saya banyak belajar. Biasanya hasil observasi itu saya baca-baca atau kepo-kepo sendiri, bener ga sih.

Kalo pernah nonton Sherlock Holmes yang versi Benedict Cumberbatch, mungkin kebayang maksud saya apa. Tapi ga melulu seperti yang Sherlock kerjain sih.

Pokoknya moto hidup saya, hidup itu pembelajaran. Apapun itu input yang masuk dari setiap panca indera, saya jadikan pembelajaran. Itu (kayaknya) superpower saya :grin:

4 Likes

Hai ibu @marisa dan @Fathya suka… berfikir keras memang kalau kita harus menuliskan apa superpower yang dimiliki :disappointed_relieved:.
Tapi saya merasa kalau harus menceritakan superpower saya ada skill menulis, baik artikel motivasi atau soft selling dan saya pembelajar tangguh, reading adict… yang kalau tanpa membaca rasanya gundah gulana… suka sekali belajar hal-hal baru apalagi yang mendukung passion saya dibidang edukasi dunia parenting dan kesehatan ibu dan anak. Suka sekali membuat komunitas belerja sama membangun ide bersama…

Mungkin itu superpower yang saya miliki versi saya… hihihi :blush:

1 Like