Biarkan Bisnismu Bercerita

Halo Ibupreneur,

Menjalani bulan kedua 2021, apakah Ibu sudah punya strategi untuk membesarkan bisnisnya? Mungkin cerita sukses di bawah ini bisa menginspirasi.

Jika Ibu sedang menyusun rencana content untuk social media bisnismu, bagaimana jika “menjahitnya” menjadi satu seri yang berurutan dalam sebuah kampanye? Ya, kampanye adalah bagian dari strategi marketing untuk mempromosikan aspek tertentu dari bisnis.

Dengan kampanye, brand bisa mengintegrasikan setiap aksi pemasaran untuk “berbicara” satu hal yang sama, jadi bisa lebih BERDAMPAK buat pelanggan/calon pelanggan.

Saya masih ingat, beberapa tahun lalu menonton sebuah video yang meninggalkan kesan cukup kuat bagi saya. Video ini ternyata adalah satu dari beberapa seri video dari Under Armour, sebuah sports brand yang pada 2014 memulai kampanyenya “I WILL WHAT I WANT”. Ibu bisa menontonnya kembali di youtube dengan mengetik kata kunci tersebut. Favorit saya adalah video oleh Gisele Bundchen dan Misty Copeland.

Bagaimana perasaan Ibu setelah menontonnya?

Banyak perempuan terus dibayangi keraguan untuk mewujudkan mimpi mereka. Alih-alih menguburnya, para perempuan kuat tetap konsisten dan membuktikan dirinya BISA!

Seri video dari kampanye Under Armour itu ditonton lebih dari 13 juta orang di Youtube dan website resminya. Selain sukses memicu percakapan secara global, strategi mereka pun berdampak sangat positif terhadap penjualan global, bahkan mampu menyalip brand besar lainnya.

Dari Indonesia, ada juga nih salah satu brand yang terkenal dengan produk sabun cuci piringnya. Sejak 2017 konsisten dengan kampanye #Ibubersinar. Hayo, ada yang tahu brand apa ini?

Brand ini memahami kalau banyak Ibu yang “tenggelam” dengan setumpuk pekerjaan rumah, jadi tidak ada waktu untuk mengerjakan hal lain terkait dengan mimpi pribadi Ibu. Nah, sebuah sabun cuci yang handal bisa bantu menghemat waktu, sehingga Ibu bisa punya waktu lebih untuk mewujudkan mimpinya.

Terdengar akrab? Wah, ini relate banget dengan situasi saya. Kudos buat tim riset dan marketingnya!

“Brand-brand yang mengusung misi sosial dan lingkungan, yang disebut sebagai sustainable living brand, tercatat mengalami pertumbuhan sangat signifikan,” Hemant Bakshi - Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk. (2017)*.

Tentu dibalik brand besar ada tim profesional yang dipersenjatai dengan biaya marketing yang bombastis. Eh tapi kompetitor mereka pun punya anggaran yang hampir sama lho, namun mereka tetap bisa stand out among the noise karena membawa pesan yang kuat dan relevan sekali dengan target mereka.

Menarik ya! Bisa kita aplikasikan ke bisnis UKM kita juga loh.
Saya melihat banyak Ibupreneur disini yang begitu passionate terhadap bisnisnya, tujuan bisnispun lebih dari materi, tapi juga membawa perubahan baik bagi orang sekitar dan lingkungan. Seperti salah satu Ibu yang punya bisnis busy book berbahan flanel sambil memberdayakan para Ibu sekitar yang menjadi mitra bisnisnya.

Kalau cerita brand Ibu apa? Siapa tahu disini kita bisa menemukan sesama Ibu yang punya “frekuensi” sama dan bisa berkolaborasi dari hati.

sumber:
*https://mix.co.id/marcomm/brand-insight/marketing-strategy/mengapa-penjualan-unilever-masih-tumbuh-37-hingga-q3-2017/
https://www.impactstories.com/blog/2019/09/case-study-under-armours-i-will-what-i-want-campaign/
Foto: Youtube dan Canva

5 Likes

terimakasih sharingnya ibu @Feby… yang ibu tuliskan mengingatkan saya dengan brand Dove dan kampanye Real beauty yang dimulai dr tahun 2004 dengan tujuan meningkatkan kepercayaan diri dan self-esteem wanita… dan terbukti kampanye mereka berhasil dengan peningkatan penjualan yang sangat signifikan…
Hm, kl saya pribadi terus terang masih bingung bagaimana cara membuat cerita dan kampanye yang menarik utk produk sendiri hihihi…

2 Likes

AHA! Iya benerrr Dove pun mencuri hatiku ketika itu . Sampai sekarangpun mereka masih konsisten dengan pesan Real Beauty nya yah.

Atau Kecap ABC, tentang berbagi tugas rumah tangga bersama suami juga bagus :slight_smile:

Ibu @Wisam bisnisnya apakah? Ada isu apa yang menarik di hati Ibu secara pribadi? Nanti dicari persinggungannya.

Misal, saya bisnisnya healthy frozen food. Isu yang menarik buat saya tentang (1) kebiasaan makan baik sama (2) pemberdayaan Ibu (mirip sunlight), (3) lingkungan. Haha banyak ya, tp biar fokus mesti satu, jadi sepertinya kampanye “Kebiasaan Sehat” tentang membangun pola makan sehat keluarga dari kebiasaan kecil atau “Ibu Cerdik” tentang wellness Ibu berkat Mom Hack.

Lumayan, mengurangi kebingungan pilih content hehe. Semoga pesan bermanfaatnya juga bisa jadi amal jariyah buat kita yah Ibu. Do Good Do Well.

1 Like

Setuju banget… sama tulisannya bu @Feby tulisannya bikin tambah semangat.:blush: omset yang melimpah dan mendapat keuntungan dalam berbisnis memang dambaan bagi para pebisnis tapi saat merasakan bahwa bisnis kita memiliki dampak yang sangat positif dan bisa membantu orang lain adalah kebahagiaan yang lebih dari laba apa pun. Dengan tetap menjaga kualitas produk kita dan cerita positif dibalik brand yang kita miliki akan membuat kebanggaan tersendiri bagi customer yang menggunakan produk kita. Mereka nggak cuma beli cerita tapi ternyata kualiatas produknya juga sangat baik dan brand valaue nya bisa tersampaikan dengan baik.

2 Likes

Ahaaa! ini dia Ibu @Loveliest yang syudah ku mention di atas hehehe. Semangaat Bu! semoga selalu konsisten dengan misi bisnis dan sosialnya, saling mengangkat baik cuan dan impactnya :smiling_face_with_three_hearts:

1 Like

Amin bu… ini bu feby ku yaaah… :joy: aku baru nggeh serius. … lancar terus buat frozen foodnya yaah… :kissing_heart:

1 Like