Live Chat Rumii bulan Juli - Sayangi Diri, Bersikap Mindful dalam setiap Langkah Ibu

Tentu saja terkadang ada kendalanya. Karena jangankan memahami orang lain, terkadang memahami emosi dan pikiran kita sendiripun belum tentu bisa. 🥲

Tetapi itu adalah hal yang selalu perlu kita tumbuhkan untuk lebih banyak sadar dengan pikiran dan perasaan sendiri terlebih dahulu untuk bisa menemani orang lain. Karena dengan itu akupun bertumbuh bersama para ibu lainnya :hugs:

Betul buu. Dengan mindful empati juga muncul :slight_smile:

1 Like

Nah, pertanyaan terakhir dari aku nih bu @azzaurora @Jellyjelia

Adakah kiat-kiat khusus dari ibu-ibu sekalian untuk bisa memanage emosi dan tetap mindful saat ibu beraktivitas?

Buatku kita untuk bisa lebih mindful adalah untuk memberikan space pada diri sendiri untuk refleksi, punya waktu me time yang hening (seperti menulis dan membaca buku). Karena dengan punya waktu tenang dengan diri sendiri, biasanya muncul pikiran2 dan perasaan yang mungkin terabaikan saat kita berkegiatan sebelumnya karena tuntutan (terburu2 dll).

Dengan begitu aku bisa melihat lebih dekat dan tenang emosi saat ini dan refleksi emosi sebelumnya. Sehingga aku bisa lebih tahu langkah apa yang tepat berikutnya saat beraktivitas dengan lebih baik dr sebelumnya.

Disinilah peran partner hidup alias suami dibutuhkan. Dengan memberi ruang kita untuk sendiri/me time. Baik itu dengan cara membantu pekerjaan rumah atau membantu mengasuh anak :smiling_face_with_three_hearts:

Aaa suka sekali. Me time jangan sampai lupa yaah ibu-ibu :heart_eyes::heart_eyes:

2 Likes

Kalau dari aku biar tetap memanage emosi dan mindful disetiap harinya , ngasih jeda buat diri bu. Kalau ada hal yg emang ga bsa kukerjakan saat itu aku stop dulu, lanjut kerjaan yg bsa kukerjakan lebih cepat.
Selain itu, aku slalu minta support dari suami bu. Saat malam hari minta luangkan waktu untuk dengerin ceitaku seharian.
Karena perempuan butuh mengeluarkan 17-20rb kata dalam sehari biar bisa tidur nyenyak bu🤭

2 Likes

Dari kedua jawaban narsum setuju yaa, memberi jeda untuk diri sendiri dan juga support system terutama dari pasangan

2 Likes

setuju bu peran suami penting banget nih disini , klo aku udh bantu nenangin, dengerin ceritaku udh cukup. Apalg seharian drmh ga ada temen smcerita, apalg kalo anak jgg diambil sm neneknya huhu makin sepi lah mamany🥹

1 Like

noted bu… memberikan ruang utk diri sendiri yaaa
laaf…:heart:

Karena ibu adalah sejatinya dirinya sendiri diluar dari multiperan yang melekat pada dirinya ya bu🥹🥹🥹

2 Likes

Ga kasih pendapat juga gapapa ya buu. Minimal pasang telinganya aja dengerin udah cukup :smiling_face_with_three_hearts::v:t2:

Tos dulu dong bu, biar istrinya cuap2 dulu ya sblum bobok, pillowtalk :heart_eyes:

1 Like

iyaaa perempuan mah minta didengerin aja dulu ya bu…

1 Like

Baiklah ibu-ibu sekalian, dari obrolan kita tadi bersama kedua narasumber kita yaitu, Ibu @azzaurora dan Ibu @Jellyjelia bisa disimpulkan bahwa sangatlah penting bagi para ibu untuk mindfulness dalam kesehariannya ketika menjalankan perannya sebagai Ibu yang tetap terus berkarya.

Menjalankan kegiatan dengan Mindfulness tentunya dapat memberikan manfaat yang luar biasa. Dimulai dari merasa “penuh” untuk sendiri, yang kemudian kita bisa membagikannya untuk anggota keluarga lainnya, sehingga bisa menjalani peran ibu secara maksimal dan bahagia :heart_eyes:

2 Likes

Dalam memanage emosi dan tetap bersikap mindful, kita membutuhkan full support sistem baik dari pasangan maupun anggota keluarga lainnya. Nah khusus support dari suami, bu iji bisa mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi kepada pasangan dengan ikutan challenge Rumii bertajuk menuliskan surat cinta untuk pasangan, melalui thread berikut:

selanjutnya, ibu bisa mengikuti sharing bersama bagaimana menyampaikan perasaan terima kasih, menguatkan perasaan cinta, atau menumbuhkan kembali percikan cinta ke support sistem, join yuk bu ke webinar ibu utk ibu dalam program Happy Hour di hari Jumat tanggal 28 Juli 2023.

1 Like

Semangat membersamai keluarga tercinta kita ya buu, sebagai seorang ibu dan istri jgn lupa utk mengisi tangki cinta kita jg🥰

2 Likes

Sepertinya kita tutup dulu obrolan kita pada malam ini, terima kasih banyak untuk kedua narsum super kita malam ini Ibu @azzaurora dan Ibu @Jellyjelia Terima kasih banyak, bahagia, sukses selalu dan semangat terus dalam berkarya…

2 Likes

Waaah. Seru nih Challangenya :heart_eyes:
Mau bikin surat cinta tapi agak malu2 nih. Gengsi lebih tepatnya :laughing::v:t2:

2 Likes

Terima kasih juga untuk ibu-ibu yang sudah mengikuti obrolan seru kita malam ini. Semoga bermanfaat dan semakin mindfulness menjalankan perannya sehari-hari.

Saya @furkhand pamit undur diri, sampai jumpa di acara Ibu Punya Mimpi lainnya.

Selamat malam, selamat beristirahat Ibu-ibukuu… :hugs::hugs::hugs:

2 Likes

Terimakasih banyaaak bu @furkhand untuk kesempatannya :hugs:
Terimakasih buibu semuaa !! Semoga sehat dan banyak bahagia yaa :smiling_face_with_three_hearts:

2 Likes