QnA #JikaIbuMenjadi Financial Planner

Hai Buibu!

Selamat datang di Kelas #JikaIbuMenjadi Financial Planner

Pada topik ini, silakan Buibu gunakan untuk upload challenge, bertanya ataupun berdiskusi seputar Financial Planner

Selamat berproses Bu!! :heart:

4 Likes

halo, buu

aku mau bertanya untuk role play ini, bu

di bagian kolom yang merah ini diisinya mulai dari mana ya, bu?

3 Likes

Hai bu @dessyifa dan bu @Dian
terima kasih sudah memberikan pencerahannya terkait dg profesi financial planner ini, ternyata profesi ini sangat aplikatif, sembari belajar mengaplikasikannya ke diri sendiri, kita juga bisa membantu orang lain dalam merencanakan dan mengelola keuangannya.

Aku newbie banget bu di financial planner, jadi ada pertanyaan yg ingin aku ajukan nih bu

  1. Bagaimana ya bu, jika kita mendapatkan client yg income nya tidak tetap, apa iya financial planning ini cuma cocok untuk yg punya income tetap saja bu?
  2. Bagaimana cara menentukan instrumen investasi yang tepat ya bu, masih bingung dg byk pilihannya bu

sekian, terima kasih atas perhatiannya bu

2 Likes

Hi bu @yuliramochtar dan bu @Dian
Aku mau tanya untuk dana sekolah jangka panjang sebenarnya paling baik menggunakan Reksadana atau tabungan pendidikan ?
Terimakasih bu :blush:

2 Likes

Hi Bu @Dian dan bu @yuliramochtar
Izin share roleplay ya bu Larass Anggraeny - Roleplay dana pendidikan

Mohon koreksinya ya bu Dian, terima kasih :smiling_face_with_three_hearts:

2 Likes

Assalamualaikum buibu semuanya, ini adalah roleplay aku bu, bolek dicek ya bu Yuli Rahmi _ Roleplay Dana Pendidikan

2 Likes

Assalamualaikum Ibu… Mohon dicek ya Bu untuk tugas roIndah Imawati_Dana pendidikan role payleplay

2 Likes

Halo bu @yuliramochtar dan bu @Dian
ini ak coba ngumpulin roleplaynya ya bu

jika file tidak bisa dbuka mohon colek aku ya bu, thankyou

Alif Theria-roleplay dana pendidikan alif

2 Likes

Buuu ini filenya belum open akses buu :pray:

2 Likes

Bu @indahima boleh dong open akses file nyaa biar bisa ngintipin nih hihihi :heart_eyes:🫶

1 Like

halo bu, izin submit roleplay yaa

Nurul Ersya - Roleplay dana pendidikan anak

oh ya aku juga ada pertanyaan buat bu Dian, CFP. Semoga nanti bisa di bahas pas zoom QnA yaa… :slight_smile:

Qs:

  1. Bu Dian kan background nya IT, susah ga waktu persiapan sertifikasi CFP? Apa cukup hanya persiapan/kelas 2 minggu? (seperti yg dikatakan di amteri no.6) Atau sebelumnya sudah sering “nyemplung” ke dunia finplan selain dlm rumah tangga?
  2. Saya sempat cari2 tau ttg CFP. Lalu ada lagi keluar QWP AWP RFP, dan sepertinya itu tingkatan2 sebelum mengambil CFP, apa betul bu? jika saya keliru, mohon pencerahannya dan dijelaskan dgn bahasa sederhana bu :pray:
  3. Bu Dian boleh kah cerita sharing pengalaman Bu Dian waktu awal dapet CFP, gimana prosesnya dan berapa lama sampe “diterima”/punya pangsa pasar nya sendiri dan bikin investingmom.id :slight_smile:

terima kasih banyak sebelumnya <3

3 Likes

Selamat malam Ibuibu,
Mohon ijin upload roleplay [RolePlay_Richa Dana Pendidikan Anak ke 2]RolePlay_Richa Dana Pendidikan Anak

2 Likes

Hallo buibu…izin share roleplay ya bu…terima kasih :slight_smile:

Nikita Regina _ Roleplay JIM FP

2 Likes

Halo semua, ijin share role play ya ibu…terima kasih
Widyasti_ Role Play Dana Pendidikan Anak

3 Likes

semangat, bu widiiiiii :metal:t3:

2 Likes

Hallo bu… Saya coba ulang kirim filenya ya, smg bisa dibuka :slight_smile:Indah Imawati_role play dana pendidikan

2 Likes

Recap Sesi Live QnA Jika Ibu Menjadi Financial Planner

Financial Planner merupakan seseorang yang membantu klien untuk merencanakan keuangan dalam jangka pendek maupun jangka panjang, sesuai dengan kondisi keuangan, tujuan keuangan, profile resikonya secara komprehensif.

Di kelas ini, para ibu diberikan kesempatan untuk #beranimencoba salah satu scope pekerjaan dari seorang Financial Planner yaitu merencanakan dana pendidikan anak berdasarkan studi kasus yang ada di modul pembelajaran dengan menggunakan kalkulator dana pendidikan anak yang sudah dibuat oleh bu Dian selaku tutor.

Pada sesi live QnA yang diadakan pada hari Kamis, tanggal 1 Juni 2023, bu Dian membagikan pengalaman pribadinya kenapa bisa menjadi seorang Independent Financial Planner. Walau background pendidikannya di ranah IT. Ketertarikannya pada dunia literasi keuangan dan aktif di salah satu komunitas yang ada di tempat tinggal nya menjadi wasilah dan sarananya untuk berbagi tentang financial sehingga meningkatkan awareness pada masyarakat sekitar tentang bagaimana cara mengelola keuangan dengan lebih bijak. Hal ini pula yang membuat bu Dian mantap mengambil program pendidikan Certified Financial Planner.

Beberapa poin penting lainnya yang dipaparkan oleh bu Dian sebagai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan para ibu mengenai Financial Planner ini adalah sebagai berikut:

  1. Financial Planning diperuntukkan bagi siapa saja. Mau pendapatannya tetap atau pun tidak tetap, perencanaan keuangan itu perlu dan penting. Justru orang-orang yang income nya tidak tetap inilah yang perlu merencanakan keuangan dengan lebih baik.
  2. Sebagai seorang Financial Planner salah satu soft skill yang harus dikuasai adalah ketertarikannya untuk melakukan riset. Dengan begitu, kita akan mudah memberikan saran-saran kepada klien terkait dengan instrumen investasi yang tepat bagi klien nya.
  3. Memilih instrumen investasi sama halnya memilih kendaraan, ada mobil ada pesawat, kalau ingin cepat sampai ke tujuan kita bisa menggunakan pesawat namun harus siap dengan mahalnya harga yang harus dibayar dan resiko yang akan diterima. Begitupula halnya dengan investasi, resiko yang diterima berbanding lurus dengan imbal hasil yang ingin didapatkan.

Bu Dian juga dengan sangat detail menjelaskan program pendidikan Certified Financial Planner yang pernah Ia jalani. Dari mulai modul pembelajarannya, lama waktu dan total biayanya.

“Walau sekarang ibu lebih banyak di rumah saja, jangan sampai putus untuk mengaktualisasikan diri, karena peluang comeback itu terbuka luas di luar sana, jadi saat kesempatan itu datang, kita sudah ready dengan segala skill yang kita punya” begitulah pesan bu Dian sebagai penutup sesi live QnA malam itu dengan epik. Closing statement yang benar-benar mengobarkan api semangat yang luar biasa kepada para ibu yang hadir. Yuk bu! kita belajar bareng, belajar bareng untuk berani mencoba memulai melangkah, melakukan apapun yang mau ibu coba. karena Ibu Punya Mimpi percaya bahwa IBU BISA. Semangat Meraih Mimpi Ibu!

Salam hangat,
Teman Ibu JIM Financial Planner

1 Like

Hi Bu :blush:

Kita akan membahas seputar dunia financial planner bersama Ibu @Dian

Ibu bisa bertanya dan mensubmit roleplay melalui rumii dan jangan lupa di tag ke aku dan bu Dian juga ya :smiling_face_with_three_hearts:

Selamat Belajar buibu :blue_heart: