TUGAS KELAS "MARKET RESEARCH" Batch5: Membuat Riset Pasar Dasar utk Bisnis Ibu

Halo bu @Wisam ini adalah link survey saya https://bit.ly/37VQeZa

Bisnis saya adalah program bermain dan mainan berlangganan untuk balita
Objective : Mengetahui pendapat orang tua tentang mainan edukasi yang ditawarkan secara berlangganan
Goal market research : Mengetahui mainan edukasi yang dibutuhakan dan disukai oleh orang tua
Target Market : Orang tua yang memiliki anak balita

Terimakasih bu

1 Like

Berikut saya teruskan jawab dari Pak Aska ya bu:

(1) Pada prinsipnya survey riset itu bisa dijalankan kapan pun sesuai kebutuhuan. Tetapi biasanya mengingat biaya, energi, dan waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan sebuah riset (dari perencanaan sampai analisis data), maka kita harus bisa set prioritas hal-hal apa saja yang akan dieksekusi dalam riset. Di Langkah awal, silahkan kumpulkan berbagai macam pertanyaan dan hipotesis. Kemudian coba telaah satu persatu mana saja yang urgent untuk segera dapat jawabannya, dan mana yg tidak. Dari yg urgent tsb, coba cek mana yg bisa didapat jawabannya lewat data sekunder (info berita, laporan keuangan perusahaan, obervasi/wawancara terhadap orang-orang sekitar kita, observasi di toko/supermarket/mall, dari data2 hasil riset (misal di https://blog.jakpat.net/en/, https://www.instagram.com/p/CSHBwBXAXvo/, https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/), dan mana yang tidak bisa didapat dari data sekunder. Informasi yang tidak bisa didapat dari data sekunder ini lah yang memang harus kita kumpulkan lewat riset. Kapan harus eksekusi riset? Secepatnya, karena mempertimbangkan dinamika persepsi dan perilaku konsumen yang sudah pasti akan berubah. Dan semakin ke sini, perubahan itu terjadi makin cepat. Perilaku konsumen semakin dinamis. Dulu konsumen menolak sebuh produk atau brand, karena terdesak dalam situasi pandemic saat ini, bisa aja skrng berubah menjadi menerima. Sudah hal biasa, bahwa dalam setiap hasil report diakhiri dengan kesimpulan dan rekomendasi. Rekomendasi ini bisa rekomendasi Langkah bisnis yang harus diambil, ataupun rekomendasi untuk riset berikutnya (karena biasanya ada hal-hal yang belum bisa digali lebih dalam pada riset yang dilaksanakan saat ini)

(2) ini buku dgn bahasa awam, gampang, mudah dipahami https://www.goodreads.com/book/show/17986418-naked-statistics

baik bu… silahkan dipost dengan membuat new topic di kategori #RisetIbupreneur :slightly_smiling_face:

Bu @Wisam terima kasih banyak untuk rangkuman dan rekomendasi bukunya.

Bu @Gusni Gusni terima kasih juga untuk pertanyaannya, jadi pengen langsung nyari The Naked Statistic niiii hahahhaha. Karena bener banget yang Bu Gusni bilang, sebagai orang awam hal ini yang paling dihindari. Tapi setelah ikut kelas Pak Aksa, ternyata seru tapi ya njlimet juga yaaa hahahhaha ditambah kondisi sekarang kurang leluasa untuk ngulik ilmu di area baru. Semoga dengan baca buku itu bisa jadi jalan ninja kita ya Bu untuk punya semangat untuk praktekin materi kelasnya Pak Aska di kemudian hariiii. Amiiinnnn

1 Like

Terima kasih banyak Ibuuu untuk respon cepatnya… :slight_smile:

Halo ibu @wisam berikut saya sampaikan objective dan link riset perdana saya ini ya.

Judul: Healthy Dessert Survey:
Tujuan:

  1. Mengetahui potensi pasar bagi kudapan sehat (healthy dessert) yang berjenis Gluten Free dan Vegan
  2. Mengetahui customer behaviour serta alasan konsumen untuk membeli jenis kudapan tersebut
  3. Mengetahui jenis-jenis cake dan cookies yang disukai oleh target audiens

Periode survei: 5 hari kalendar (target min 50 responden)

Demikian objective dari survei ini dan saya berterima kasih sekali mendapatkan banyak input dari ibu-ibu batch 5 saat merumuskan pertanyaan di survei ini. Semangat selaluuuu…

Berikut link menuju threadnya:

3 Likes

Bu @Wisam maaf baru reply sekarang hehehe telat banget yaaa diskusi udah bubaar~

Bu, aku udah ikutin step yang ibu sarankan yaitu bikin research question, sayangnya enggak sempet aku post di sini waktu itu, terdampar di buku catatanku saja :crying_cat_face:

Untuk objective research ku sekarang sudah mantep bu, salah satunya lewat riset ini aku berharap bisa memahami hambatan apa yang dihadapi pemilik small business dalam melakukan riset. Lengkapnya soal objective research-ku aku taro di buku tugas bu.

Setelahnya, aku langsung utak-atik gform bu. nah satu pertanyaannya (yang jadi pertanyaan besarku di riset ini) aku selipkan dalam bentuk polling di rumii.

Makasih yaaa bu atas perhatiannyaa… terharu banget aku bu @Wisam ngecekin sampai ke buku tugas. :heart: love banget pokoknya.

Sejujurnya bu…aku berharap banget ibupreneur yang juga awardee beasiswa setiap batch bisa bantu isi gform ku. Soalnya buibu kan masuk target marketku. Tapi aku masih bingung gimanaaa yaaa caranyaa biar pada mau ikutan isi? Ada saran bu?

3 Likes

Happy Sunday, Bu @Wisam & ibu2 semuanya :grin:
Maapkeun baru bisa nongol,. Btw, keren2 itu semua yg udah di post tugas2 bu @AuroraDea @Gusni @bunga_claud @Azyedara @MomCarolArdel :heart_eyes::heart_eyes: :+1::+1: (ada yg kelewat ga ya? :thinking::thinking:)

Sedikit saya sampaikan terkait market research saya. Bisnis madu hutan yg sudah/sedang saya jalankan selama 1 tahunan ini terasa biasa2 saja. Eh, setelah ikut 2 materi terakhir, terutama market research, saya jd tertampol secara ga sadar bahwa ini ternyata penting banget.

Dari awal berbisnis yg dikejar hanya konten marketing, omset, dll. Sama ga sih kaya saya buibu?? :grin: apa cuna saya ya, merasa kelelahan dg bisnis yg masih tummy time, belum merangkak dg lincah, tp semangat naik turun. Ternyata market research nya belum di stel ON :smile: alias belum digarap. Alhasil ngejalanin bisnis kaya kejar setoran domestik saban hari yg ga ada habisnya itu2 mulu :sneezing_face:

Nah, dari sini saya coba susun agak rapi biar makin tertampol diri saya, makin tau celah salah langkahnya dimana, jd makin bisa mengembangkan sayap bagian mana yg mau dibenahi dari bisnis ini.

Secara umum objectives research ini adalah utk mengetahui pendapat & perilaku konsumen terhadap madu. Adapun madu yg saya jadikan objek adalah madu biasa yg dijual bebas di pasaran & madu hutan. Meskipun madu hutan juga banyak di pasaran, tetapi sifat & khasiatnya tentu ada perbedaan dg madu biasa. Tidak semua masyarakat tahu akan hal ini. Untuk itu, saya buat kuesioner utk bisa mencakup data & informasi mengenai hal itu.

Lebih lanjut nantinya masih ada lagi tahap utk kuesioner yg bertujuan utk mencari lahan distributor, tetapi masih wacana :sweat_smile: semoga dimudahkan utk bisa mencapai mimpi besar satu itu. Aamiin, :pray:

Utk kasus ini, saya sepertinya mengarah ke kualitatif (mohon saran masukannya bu @Wisam).

Berikut link survey yg bisa dilacak, saya menggunakan forms.app di hape krn keterbatasan laptop utk bisa mengakses gform. Semoga tidak apa-apa ya bu.

Monggo buibu, sila bisa di cek, boleh banget kalau membantu mengisi kuesioner :grin::grin: kritik saran & isian kuesionet sangat dibutuhkan :pray::pray: terimakasih banyak

3 Likes

Selamat hari Minggu bu @wisam dan ibu - ibu semua…

Sebelumnya Questionnaire ini sudah pernah saya sebar random melalui bantuan para teman kepada orang tua yang mempunyai anak usia Balita.
Namun setelah mengikuti kelas Pak Aska, pertanyaan yang dibuat menjadi lebih terarah untuk mendapatkan hasil penelitian yang diinginkan serta mengetahui consumer behaviour dari target market saya.

Berikut adalah Judul, Objective dan link Questionnaire yang sudah saya sertakan di thread :blush:

Judul : Survey Permainan Edukasi untuk anak Balita
Objective :

  1. Mengetahui seberapa besar kebutuhan orang tua yang memiliki anak usia Balita terhadap permainan yang dapat memperkanalkan budaya Indonesia kepada anaknya.
  2. Metode pengenalan yang dipakai orang tua untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada anak usia balita.
  3. Harga Kompetitif yang dapat ditawarkan melalui sekotak mainan untuk anak usia Balita.

Terima kasih Bu @Wisam yang sudah mendampingi kami selama kelas yang membutuhkan banyak konsentrasi seminggu terakhir ini :nerd_face:

Dan semangat untuk buibuuuu Batch #5 :mechanical_arm: :mechanical_arm: :mechanical_arm:

Terima kasih…

2 Likes

Haloo Bu @Wisam dan Ibu-ibu hebat lainnya…

Saya dari Selera Saya merupakan bisnis yang bergerak di bidang kuliner/dessert bernama Panna Cotta (sebagai produk utama/produk andalan). Saya sudah membuat thread baru untuk share survey/kuesioner dengan obyektif untuk mengevaluasi sejauh mana tingkat awareness masyarakat terhadap brand Selera Saya sehingga ke depannya kami berharap dapat menentukan strategi marketing yang lebih tepat sasaran. Selain itu kami juga ingin mengetahui apa saja pertimbangan utama Ibu-ibu dalam memilih/membeli dessert dari suatu brand tertentu sehingga harapan kami ke depan dapat memenuhi ekspektasi masyarakat agar kelak dapat bersaing dengan brand-brand kompetitor. Survey tersebut bisa ditemukan disini ya Ibu-ibu…

https://rumii.ibupunyamimpi.org/t/market-research-survey-brand-awareness-survey-selera-saya/2095?u=anvifsyafei

Adapun yang menjadi target responden kami adalah pria dan wanita, usia 18-40 tahun, SES middle-up (menengah ke atas), dan tentunya penyuka dessert. Kami sangat menerima jika ada kritik/saran dari Ibu-ibu terkait survey/kuesioner yang telah kami buat.

Terimakasih sebelumnya :blush:

2 Likes

Halo Bu @Wisam

Saat ini saya sedang merintis platform pelatihan online untuk para guru agar bisa beradaptasi dengan era pembelajaran digital

Jadi pertanyaan saya, karena saya punya market yang spesifik yaitu guru, apa masih relevan jika saya buat thread di rumii?

Berikut tugas yang sudah saya coba kerjakan bersama tim,

Goals:
Untuk merancang program pelatihan yang mengakselerasi guru beradapatsi dalam pembelajaran digital

Objective Market Research

Mengetahui persepsi guru tentang definisi pembelajaran digital
Mengetahui tantangan yang dialami para guru terkait pembelajaran didital
Mengetahui keterampilan apa saja yang sekiranya diperlukan para guru untuk pembelajaran di era digital
Mengtahui strategi guru belajar guru
Mengetahui budget bulanan yang dialokasikan para guru untuk self development

Adapun keyword yang digunakan:

Keyword
Tantangan
Keterampilan
Pembelajaran Digital
Strategi Guru
Budget

Dan berikut adalah link form nya https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdj1BZmXx1hpsLwmPCF8BYZCRo9eKzcfW0qQkWgOBG9tc3ALQ/viewform

Mohon feedbacknya ya Bu @Wisam dan Mas Aska terkait angket survey yang sudah dibuat

Terima kasih :blush:

2 Likes

Halo bu @Wisam :slight_smile:

Berikut ini objective research saya:

  1. Mengetahui alasan memilih kado customized dengan unsur gambar orang/wajah,
  2. Mengetahui apakah ada kemungkinan repeat order,
  3. Mengetahui budgetnya

Dan berikut link survenya

Mohon masukan dari Bu @Wisam, trmksh byk :heart: :heart:

2 Likes

Hai Ibu @Wisam, terima kasih banyak atas bantuannya yaah sudah guide buibu batch 5!

Mohon maaf agak deadliner bu, berikut yaa objective research yg aku buat:

  • mengetahui kebutuhan dari target market terhadap hijab serta marketing yang dibutuhkan, agar brand dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan market
  • mengetahui customer behaviour dari target market terhadap produk hijab
  • mengetahui budget target market terhadap pembelian produk hijab

untuk threadnya bisa dicek disini buu, mohon inputnya yaa bu wisam mas aska maupun ibu ibu sekaliaan.

https://rumii.ibupunyamimpi.org/t/ibu-dan-hijab-survey-untuk-ibu/2096

terimakasihhhhh

1 Like

Halo bu… memprioristaskan sales dan marketing ga salah ko bu, kalau anak bayi itu ibarat ASI, nanti kalau udah tumbuh lbh besar sdkt baru perlu ditambah MPASI heheh…
Memang bisnis di tahap awal perlu modal nekat dulu, nanti kl udh dapet feelnya, ibu sendiri akan tahu kebutuhannya apa aja… mulai dr hiring, research, branding dll…

Semangat ya bu

Halo bu…

Sebenarnya tujuan awal kenapa saya meminta utk dibuat dulu mini kuesioner di RUMI agar ibu2 sendiri bisa dapet insight mengenai jawaban yang akan ibu dapatkan dari responden nanti… jadi kalau dirasa ada pertanyaan yang krg tepat bisa diubah redaksinya, metodenya atau diganti yang lebih relevan…

Selain itu, saya juga akan lbh mudah memberikan feedback jika masih dalam bentuk form terbuka di RUMI… kalau sekarang kan sudah dibuat dalam GoogleForm dan siap disebarkan, sehingga saya kesulitan utk memberikan feedback kepada ibu2 secara langsung…

Tapi sudah bagus ko yang ibu2 sudah buat… semangat yaaa… satu tugas sudah selesai, masih ada 5 tugas lagi yang mnanti in the coming weeks :slight_smile:

Halo Bu @Wisam, terimakasih banyak atas bantuannya ya !
Mohon maaf baru respon di Rumii, berikut objective research yang aku buat :

  1. Mengetahui respon orang terhadap pilihan kue dengan bahan gluten free
  2. Mengetahui orang-orang lebih tertarik kue dengan bahan gluten free, gula rendah kalori atau keduanya.
  3. Mengetahui kue apa yang paling diminati untuk dibuat dengan pilihan bahan yang lebih sehat.

Dan ini link surveynya … Terimakasiiih

1 Like

Terimakasih bu @Raras sudah menyelesaikan tugas…

Utk feedback, jawaban saya sama ya sprt yang saya sampaikan ke bu @RidhaHida :slight_smile:

Semangat ya ibu :heart:

1 Like

Baik bu Bunga… mohon maaf kali ini telat balasnya… heheh. minggu lalu saya “terpaksa” ceki2 buku tugas krn ga ada yang ngebales thread ini :see_no_evil: takutnya pada ga ngerjain tugasnya hehehhe

Semangat ya buuuu

Terimakasih bu sudah menyelesaikan tugas, sukses ya utk usaha mainannya, siapa tau anti saya beli2 mainan buat anak saya di janganlupa main :slight_smile:

1 Like

Buuu… kita sama2 penyuka dessert ni… tp aku msh belajar bikin pannacotta, biasanya bikin puding biasa berbahan dasar ager… hihihi

Sukses ya bu utk bisnisnya :slightly_smiling_face:

1 Like