TUGAS KELAS "MARKET RESEARCH" Batch5: Membuat Riset Pasar Dasar utk Bisnis Ibu

Halo ibu-ibu…

Selamat Hari Kemerdekaan ke-76… meskipun tahun ini absen lomba tarik tambang dan makan kerupuk, tapi kita harus tetep semangat ya utk menjadi individu yang maju dan merdeka.

Begitu juga dengan bisnis ya bu, harus tetap maju… dan salah satu tools utk membuat bisnis lebih one step ahead adalah dengan melakukan Market Research… alhamdulillah kemarin Pak Aska sudah sharing mengernai metode riset yang bisa diterapin di bisnis ibu masing-masing…jd ga cuma bisnis besar yang bisa bikin riset pasar, ibu juga bisa!

Nah, tugas minggu ini adalah membuat questionnaire riset pasar utk bisnis ibu. Saya akan sharing 2 slide terkait step-step yang perlu ibu lakukan (hlm 40 & 65).
Tapi jangan pusing dulu ya bu, dalam 2 hari ini ibu bisa focus dulu dalam menentukan research objective, respondent criterion dan metode riset yang menurut ibu cocok dan di hari kamis bisa ibu disukusikan langsung dg Pak Aska.

Di thread ini, ibu bebas mengajukan pertanyan terkait proses riset ibu atau terkait materi yang perlu lebih diperjelas dari kelas kemarin.
Selain itu, saya mau mengajak ibu-ibu utk memposting research question yang akan ibu jadikan objective risetnya, agar teman-teman disni bisa memberikan feedback sehingga riset yang ibu lakukan bs lebih targeted dan jelas.

Jika objective researchnya sudah jelas, silahkan dilanjutkan dengan membuat mini questionnaire di thread RUMI yang baru dengan topik survey ibu. Contohnya bisa mengacu pada survey pasar yang dilakukan oleh batch4 ya, seperti bu Andaruni, bu Anindita atau saya sendiri.

Nah, output akhir yang diharapkan dari tugas ibu adalah ibu mampu membuat survey dasar yang disebarkan ke target responden yang sudah ditetapkan (jumlahnya minimum 30 responden ya per kategori agar hasilnya bisa dianggap valid). Ga perlu buru-buru ya ko, karena proses pengumpulan data dan analisis akan berlangsung selama ibu belajar di batch5. Jadi nanti pada saat presentasi pitch deck, hasil dari survey ini bisa dicantumkan dan gunakan sebagai data pendukung. Sekarang yang penting adalah proses penyusunan survey/questionnaire tersebut dulu ya.

Ditunggu ya buibu pertanyaan dan research question-nya… :slightly_smiling_face:

Selamat membersamai keluarga tercinta di hari yang penuh hikmah ini… :heart:

6 Likes

Haloo bu ibu…
Ijin share survey link Market Research bisa di klik disini ya https://tinyurl.com/SurveyBathender

Untuk thread rumi bisa ke sini

Mohon bantuan dan kesediaan bu ibu semua untuk mengisi survey mini kami :slight_smile:

Have a nice day!

4 Likes

Halo Bu Wisam,

Terima kasih ringkasannya. Aku udah lihat juga contoh survey dari Bu Uni, Bu Anin dan Bu Wisam. Insightful banget Bu.

Setelah mempelajari contoh-contoh survey dari Ibu-ibu batch sebelumnya dan juga temen-temen di batch 5, berikut ya Bu objective research aku:

  1. Mengukur kesadaran audience Sadar Ibu tentang pentingnya kesehatan mental untuk mengoptimalkan peran di keseharian.
  2. Mengetahui saat ini mana yang lebih dibutuhkan oleh audience Sadar Ibu, apakah kelas edukasi ataukah dukungan kelompok.
  3. Mengetahui budget bulanan yang dialokasikan untuk kegiatan self development.

Kemarin aku sempat kesulitan merumuskan pertanyaan. Karena takut pertanyaan yang aku buat kepanjangan atau malah gak nyambung sama objective research ku. Setelah menyelami bahan skripsi beberapa abad silam, akhirnya aku menemukan cara merumuskan pertanyaan. Tapi berhubung aku kurang yakin yah cara ini akurat apa gak, kalo ada Buibuu yang mau mengoreksi dan menambahkan, monggo lhoo yaaaa :kissing_smiling_eyes:

Jadi begini caraku merumuskan pertanyaan:

  1. Pertama-tama pastinya aku jabarkan objective research ku

  2. Setelah itu aku turunkan jadi kata kunci / keyword dari objective ku
    kyipm

  3. Kemudian dari tiap keyword, aku turunkan lagi jadi pertanyaan menggunakan acuan 5W1H. Setelah itu saya eliminasi pertanyaan-pertanyaan yang tidak relevan dengan goal research aku. Jadinya seperti ini:
    https://bit.ly/optimalkanperanmu
    (Nah boleh nih Bu sambil ngintip sambil ngisi :hugs:)

Semoga kerangka berpikir ku ini bisa menjadi pancingan buibu yang masih keder merumuskan permasalahan.

Terima kasiiiihh :sparkling_heart:

2 Likes

Baik bu @MomCarolArdel… kalau boleh tau, informasi apa yang ibu harapkan dari hasil survey ini? dan ditujukan kepada target market siapa?

Wah bu @AuroraDea… jadi revisit skripsi ya demi bikin tugas ini… tp hasil tidak mengkhianati usaha, insyAllah data dr survey ini akan sangat membantu ibu dalam proses pengambilan keputusan… saya lihat quetionnaire-nya sudah cukup detail… jika memang sudah puas dg list pertanyaan di form tsbt, silahkan bu membuka thread baru dengan topik survey ibu agar mendapatkan feedback lbh banyak dari warga RUMII :slightly_smiling_face:

1 Like

Bu Wisaaam, aku sudah buat yah thread nya.
Sila dikunjungiiii buibuu hehehehe

2 Likes

Berikut rangkuman sesi QnA bersama Pak Aska, jika ada bbrp pertanyaan yang ke-skip mohon maaf ya buibu, td anak sempet ngerecokin di tengah-tengah sesi :laughing:

  • Riset dapat dilakukan sesuai dengan kebuthan dan product-life-cycle, sebaiknya sebelum launching produknya sudah punya data kebutuhan customernya.
  • Dalam membuat kuesioner perlu memahami bahwa fokus responden hanya 15-20 menit, sehingga perlu dihitung brp lama rata-rata pengerjaan kuesioner tersebut, karena jika jmlh pertanyaannya terlalu banyak mgkn focus dari responden terpecah atau dia tidak akan menjawab seluruh pertanyaan.
  • Jumlah responden semakin banyak semakin bagus menghindari bias. Namun, sebaiknya jangan di bawah n=30 per kategori (mengikuti the Law of Large Numbers) untuk menjamin bahwa rata2 sample dan rata2 populasi tidak terlalu jauh sehingga hasilnya bisa digeneralisasi. Jika jumlah responden di bawah 30, maka perlu berhati-hati dalam menggunakan hasil dari survey tersebut.
  • Jika kategori responden memiliki payung besar, jumlah responden bisa diperkecil, misal: dosen swasta (n=15) dan dosen negeri (n=15), maka jumlah kategori dosen disini menjadi total 30 responden. Namun, pengkategorian ini perlu disesuaikan dg kebutuhan riset.
  • Data yang tidak cocok dg ekspektasi atau merupakan outlier, tidak perlu dihilangkan karena bisa memberikan masukan bagi brand. Namun, perlu dicek validitas dari data tersebut dengan melihat kesesuaian responden dg kriteria yang sudah ditetapkan dan metode pengambilan sample
  • Pemberian hadiah atau diskon bagi responden bisa digunakan sebagai insentif dan tidak harus selalu dari produk yang disurvey
  • Usahakan menghindari yes/no questions, sebisa mungkin jangan sampai alur dr kuesioner bisa ditebak, sebaiknya bertanya mengenai brand apa saja yang diketahui oleh responden lalu dari brand-brand yang ditawarkan mana saja yang responden mempertimbangkan utk dibeli.
  • Open-ended questions dapat digunakan namun akan lebih baik jika responden diberikan pilihan jawaban yang sudah dikategorikan sebelumnya untuk memudahkan pengukuran dan analisis hasil
  • Untuk membandingkan atau mengukur efektivitas sebuah program, bisa dilakukan dengan membuat pre-test dan post-test dan dibagi menjadi experiment dan control group. Jika pre-test tidak dilakukan, bisa digantikan dengan pertanyaan yang dapat membedakan mereka yang sudah menerima treatment dan mereka yang belum. Misal, dengan membedakan kategori mereka yang sudah menonton iklan ttt dg mrk yang blm menontonnya.
  • Mengukur willingness to pay customer bisa dengan memberikan responden contoh produk yang ingin disurvey dan bertanya mengenai nilai/hrg dari produk tersebut menurut mereka atau bisa jg dg menanyakan apakah produk tersebut jika dijual dg harga Rp.xx akan mereka beli.
  • Untuk mengukur awareness dr sebuah brand (ex. hijab) bisa dengan membuat pertanyaan terkait brand hijab apa yang menjadi top of mind, lalu memberikan opsi beberapa brand lainnya termasuk brand yang sedang disurvey dan menanyakan di antara brand tersebut mana yang diketahui oleh responden.
  • Jika ingin melakukan kegiatan marketing dg message yg relevan maka sebaiknya melihat kebutuhan konsumen dengan mengukur ekspektasi konsumen dan realitas produk yang mereka terima. Hal ini bisa dilakukan dg melihat performa dr competitor dan pemenuhan basic need konsumen oleh brand-brand tersebut.
  • Jika responden pernah menggunakan produk/brand tersebut lalu berhenti, maka perlu mencari alasan mengapa mereka berhenti dg mengidentifikasi faktornya (apakah krn faktor harga, availabilitas atau ada masalah lain) sehingga pada saat campaign dilaunching bisa menekankan pada pesan yang menjadi kebutuhan konsumen pada saat itu dan bisa mengukur apakah brand position sudah sesuai dengan yang diharapkan
  • Kuesioner bukan alat ukur atau alat tes tetapi merupakan tools utk mendapatkan insight dari responden dg mencatat jawaban mereka. Sehingga, untuk dapat memahami arti dari data yang dihasilkan perlu memiliki benchmark. Benchmark ini bisa berupa waktu (peningkatan/penurunan dr data periode sblmnya), competitor (perubahan posisi brand), atau dengan menentukan KPI seperti tingkat awareness.

Jika ada yang mau menambahkan atau mengoreksi rangkuman ini, monggo ya… :slightly_smiling_face:

Pengumuman:

  1. Tim IPM menyadari bahwa materi Market Research ini cukup berat, seperti ngerjain skripsi 12 sks ya buibu :see_no_evil:… jadi jika membutuhkan sesi untuk brainstorming isi kuesioner dg sesama batch5, silahkan berkoordinasi dengan bu Kepsek @MartyasListya ya
  2. Bagi ibu-ibu yang sudah menyelesaikan kuesionernya, silahkan dipost dengan membuat new topic di kategori #RisetIbupreneur, tapi harap utk dipost link-nya jg di thread ini ya sprt bu @MomCarolArdel dan bu @AuroraDea, karena takut ada yang ke-skip kl ga di pool di satu tempat
  3. Bagi ibu-ibu yang masih bingung atau masih ada pertanyaan yang mengganjal, silahkan ya ditanyakan langsung di sini, karena tugas TA adalah memfasilitasi kebutuhan ibu-ibu terutama terkait dg materi/tugas.
  4. Jangan lupa jg utk melengkapi research objective dan keriteria dari responden di buku tugas, sebaiknya jg dijelaskan kerangka risetnya sprt bu @AuroraDea di atas, jadi tugas akhirnya bukan hanya link survey ya buibu…

Sekian informasi dari saya… semangat ya Ibupreneur Batch5 yang hebat-hebat… :heart:

2 Likes

Dear ibu @Wisam,

Sebagai orang awam, topik market research ini salah satu topik yang cukup dihindari karena pemahaman yang kurang… Namun 2 sesi di minggu ini, membuka pandangan saya akan topik ini… alhamdulillah. Jadi terima kasih banyak atas penjelasan pak Aska serta pertanyaan dari ibu-ibu lain yang sangat membantu akan pemahaman lebih lanjut.

Saya ada pertanyaan (maaf kalau basic banget pertanyaannya), semoga bisa dibantu:

  1. Saat ini saya mencoba menilik kembali bisnis saya dan membuat survei dasar untuk melihat seberapa besar kebutuhan pasar akan dessert gluten free dan vegan, serta jenis dessert ‘sehat’ yang sering atau ingin di konsumsi. Setelah menerima hasil responden yang terkumpul hingga malam ini (padahal baru beberapa :slight_smile:) , ternyata muncul beberapa pertanyaan baru di kepala. Nah saya ingin bertanya apakah sebaiknya saya endapkan dulu pertanyaan tersebut sambil mematangkan perencanaan dr hasil survei perdana saya ini? Jika ya, kapan waktu terbaik untuk menyebarkan survei phase berikutnya atau apakah ada tahap yang harus dilewati dulu sebelum membuat survei lanjutan?
  2. Mendengarkan Pak Aska saat memaparkan hasil survei dimana data bisa lebih ‘berbicara’. Apakah bisa diberikan referensi web/buku/ lainnya tentang bagaimana menganalisa/membaca hasil data dengan baik agar plan yang dibuat lebih tepat sasaran?

ini saja pertanyaan saya… terima kasih banyak sebelumnya.

1 Like

Waaah makasih bu @Wisam dibuatkan rangkumannya, sangat membantu sekali :heart:

Halo bu @Wisam ini adalah link survey saya https://bit.ly/37VQeZa

Bisnis saya adalah program bermain dan mainan berlangganan untuk balita
Objective : Mengetahui pendapat orang tua tentang mainan edukasi yang ditawarkan secara berlangganan
Goal market research : Mengetahui mainan edukasi yang dibutuhakan dan disukai oleh orang tua
Target Market : Orang tua yang memiliki anak balita

Terimakasih bu

1 Like

Berikut saya teruskan jawab dari Pak Aska ya bu:

(1) Pada prinsipnya survey riset itu bisa dijalankan kapan pun sesuai kebutuhuan. Tetapi biasanya mengingat biaya, energi, dan waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan sebuah riset (dari perencanaan sampai analisis data), maka kita harus bisa set prioritas hal-hal apa saja yang akan dieksekusi dalam riset. Di Langkah awal, silahkan kumpulkan berbagai macam pertanyaan dan hipotesis. Kemudian coba telaah satu persatu mana saja yang urgent untuk segera dapat jawabannya, dan mana yg tidak. Dari yg urgent tsb, coba cek mana yg bisa didapat jawabannya lewat data sekunder (info berita, laporan keuangan perusahaan, obervasi/wawancara terhadap orang-orang sekitar kita, observasi di toko/supermarket/mall, dari data2 hasil riset (misal di https://blog.jakpat.net/en/, https://www.instagram.com/p/CSHBwBXAXvo/, https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/), dan mana yang tidak bisa didapat dari data sekunder. Informasi yang tidak bisa didapat dari data sekunder ini lah yang memang harus kita kumpulkan lewat riset. Kapan harus eksekusi riset? Secepatnya, karena mempertimbangkan dinamika persepsi dan perilaku konsumen yang sudah pasti akan berubah. Dan semakin ke sini, perubahan itu terjadi makin cepat. Perilaku konsumen semakin dinamis. Dulu konsumen menolak sebuh produk atau brand, karena terdesak dalam situasi pandemic saat ini, bisa aja skrng berubah menjadi menerima. Sudah hal biasa, bahwa dalam setiap hasil report diakhiri dengan kesimpulan dan rekomendasi. Rekomendasi ini bisa rekomendasi Langkah bisnis yang harus diambil, ataupun rekomendasi untuk riset berikutnya (karena biasanya ada hal-hal yang belum bisa digali lebih dalam pada riset yang dilaksanakan saat ini)

(2) ini buku dgn bahasa awam, gampang, mudah dipahami https://www.goodreads.com/book/show/17986418-naked-statistics

baik bu… silahkan dipost dengan membuat new topic di kategori #RisetIbupreneur :slightly_smiling_face:

Bu @Wisam terima kasih banyak untuk rangkuman dan rekomendasi bukunya.

Bu @Gusni Gusni terima kasih juga untuk pertanyaannya, jadi pengen langsung nyari The Naked Statistic niiii hahahhaha. Karena bener banget yang Bu Gusni bilang, sebagai orang awam hal ini yang paling dihindari. Tapi setelah ikut kelas Pak Aksa, ternyata seru tapi ya njlimet juga yaaa hahahhaha ditambah kondisi sekarang kurang leluasa untuk ngulik ilmu di area baru. Semoga dengan baca buku itu bisa jadi jalan ninja kita ya Bu untuk punya semangat untuk praktekin materi kelasnya Pak Aska di kemudian hariiii. Amiiinnnn

1 Like

Terima kasih banyak Ibuuu untuk respon cepatnya… :slight_smile:

Halo ibu @wisam berikut saya sampaikan objective dan link riset perdana saya ini ya.

Judul: Healthy Dessert Survey:
Tujuan:

  1. Mengetahui potensi pasar bagi kudapan sehat (healthy dessert) yang berjenis Gluten Free dan Vegan
  2. Mengetahui customer behaviour serta alasan konsumen untuk membeli jenis kudapan tersebut
  3. Mengetahui jenis-jenis cake dan cookies yang disukai oleh target audiens

Periode survei: 5 hari kalendar (target min 50 responden)

Demikian objective dari survei ini dan saya berterima kasih sekali mendapatkan banyak input dari ibu-ibu batch 5 saat merumuskan pertanyaan di survei ini. Semangat selaluuuu…

Berikut link menuju threadnya:

3 Likes

Bu @Wisam maaf baru reply sekarang hehehe telat banget yaaa diskusi udah bubaar~

Bu, aku udah ikutin step yang ibu sarankan yaitu bikin research question, sayangnya enggak sempet aku post di sini waktu itu, terdampar di buku catatanku saja :crying_cat_face:

Untuk objective research ku sekarang sudah mantep bu, salah satunya lewat riset ini aku berharap bisa memahami hambatan apa yang dihadapi pemilik small business dalam melakukan riset. Lengkapnya soal objective research-ku aku taro di buku tugas bu.

Setelahnya, aku langsung utak-atik gform bu. nah satu pertanyaannya (yang jadi pertanyaan besarku di riset ini) aku selipkan dalam bentuk polling di rumii.

Makasih yaaa bu atas perhatiannyaa… terharu banget aku bu @Wisam ngecekin sampai ke buku tugas. :heart: love banget pokoknya.

Sejujurnya bu…aku berharap banget ibupreneur yang juga awardee beasiswa setiap batch bisa bantu isi gform ku. Soalnya buibu kan masuk target marketku. Tapi aku masih bingung gimanaaa yaaa caranyaa biar pada mau ikutan isi? Ada saran bu?

3 Likes

Happy Sunday, Bu @Wisam & ibu2 semuanya :grin:
Maapkeun baru bisa nongol,. Btw, keren2 itu semua yg udah di post tugas2 bu @AuroraDea @Gusni @bunga_claud @Azyedara @MomCarolArdel :heart_eyes::heart_eyes: :+1::+1: (ada yg kelewat ga ya? :thinking::thinking:)

Sedikit saya sampaikan terkait market research saya. Bisnis madu hutan yg sudah/sedang saya jalankan selama 1 tahunan ini terasa biasa2 saja. Eh, setelah ikut 2 materi terakhir, terutama market research, saya jd tertampol secara ga sadar bahwa ini ternyata penting banget.

Dari awal berbisnis yg dikejar hanya konten marketing, omset, dll. Sama ga sih kaya saya buibu?? :grin: apa cuna saya ya, merasa kelelahan dg bisnis yg masih tummy time, belum merangkak dg lincah, tp semangat naik turun. Ternyata market research nya belum di stel ON :smile: alias belum digarap. Alhasil ngejalanin bisnis kaya kejar setoran domestik saban hari yg ga ada habisnya itu2 mulu :sneezing_face:

Nah, dari sini saya coba susun agak rapi biar makin tertampol diri saya, makin tau celah salah langkahnya dimana, jd makin bisa mengembangkan sayap bagian mana yg mau dibenahi dari bisnis ini.

Secara umum objectives research ini adalah utk mengetahui pendapat & perilaku konsumen terhadap madu. Adapun madu yg saya jadikan objek adalah madu biasa yg dijual bebas di pasaran & madu hutan. Meskipun madu hutan juga banyak di pasaran, tetapi sifat & khasiatnya tentu ada perbedaan dg madu biasa. Tidak semua masyarakat tahu akan hal ini. Untuk itu, saya buat kuesioner utk bisa mencakup data & informasi mengenai hal itu.

Lebih lanjut nantinya masih ada lagi tahap utk kuesioner yg bertujuan utk mencari lahan distributor, tetapi masih wacana :sweat_smile: semoga dimudahkan utk bisa mencapai mimpi besar satu itu. Aamiin, :pray:

Utk kasus ini, saya sepertinya mengarah ke kualitatif (mohon saran masukannya bu @Wisam).

Berikut link survey yg bisa dilacak, saya menggunakan forms.app di hape krn keterbatasan laptop utk bisa mengakses gform. Semoga tidak apa-apa ya bu.

Monggo buibu, sila bisa di cek, boleh banget kalau membantu mengisi kuesioner :grin::grin: kritik saran & isian kuesionet sangat dibutuhkan :pray::pray: terimakasih banyak

3 Likes

Selamat hari Minggu bu @wisam dan ibu - ibu semua…

Sebelumnya Questionnaire ini sudah pernah saya sebar random melalui bantuan para teman kepada orang tua yang mempunyai anak usia Balita.
Namun setelah mengikuti kelas Pak Aska, pertanyaan yang dibuat menjadi lebih terarah untuk mendapatkan hasil penelitian yang diinginkan serta mengetahui consumer behaviour dari target market saya.

Berikut adalah Judul, Objective dan link Questionnaire yang sudah saya sertakan di thread :blush:

Judul : Survey Permainan Edukasi untuk anak Balita
Objective :

  1. Mengetahui seberapa besar kebutuhan orang tua yang memiliki anak usia Balita terhadap permainan yang dapat memperkanalkan budaya Indonesia kepada anaknya.
  2. Metode pengenalan yang dipakai orang tua untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada anak usia balita.
  3. Harga Kompetitif yang dapat ditawarkan melalui sekotak mainan untuk anak usia Balita.

Terima kasih Bu @Wisam yang sudah mendampingi kami selama kelas yang membutuhkan banyak konsentrasi seminggu terakhir ini :nerd_face:

Dan semangat untuk buibuuuu Batch #5 :mechanical_arm: :mechanical_arm: :mechanical_arm:

Terima kasih…

2 Likes

Haloo Bu @Wisam dan Ibu-ibu hebat lainnya…

Saya dari Selera Saya merupakan bisnis yang bergerak di bidang kuliner/dessert bernama Panna Cotta (sebagai produk utama/produk andalan). Saya sudah membuat thread baru untuk share survey/kuesioner dengan obyektif untuk mengevaluasi sejauh mana tingkat awareness masyarakat terhadap brand Selera Saya sehingga ke depannya kami berharap dapat menentukan strategi marketing yang lebih tepat sasaran. Selain itu kami juga ingin mengetahui apa saja pertimbangan utama Ibu-ibu dalam memilih/membeli dessert dari suatu brand tertentu sehingga harapan kami ke depan dapat memenuhi ekspektasi masyarakat agar kelak dapat bersaing dengan brand-brand kompetitor. Survey tersebut bisa ditemukan disini ya Ibu-ibu…

https://rumii.ibupunyamimpi.org/t/market-research-survey-brand-awareness-survey-selera-saya/2095?u=anvifsyafei

Adapun yang menjadi target responden kami adalah pria dan wanita, usia 18-40 tahun, SES middle-up (menengah ke atas), dan tentunya penyuka dessert. Kami sangat menerima jika ada kritik/saran dari Ibu-ibu terkait survey/kuesioner yang telah kami buat.

Terimakasih sebelumnya :blush:

2 Likes

Halo Bu @Wisam

Saat ini saya sedang merintis platform pelatihan online untuk para guru agar bisa beradaptasi dengan era pembelajaran digital

Jadi pertanyaan saya, karena saya punya market yang spesifik yaitu guru, apa masih relevan jika saya buat thread di rumii?

Berikut tugas yang sudah saya coba kerjakan bersama tim,

Goals:
Untuk merancang program pelatihan yang mengakselerasi guru beradapatsi dalam pembelajaran digital

Objective Market Research

Mengetahui persepsi guru tentang definisi pembelajaran digital
Mengetahui tantangan yang dialami para guru terkait pembelajaran didital
Mengetahui keterampilan apa saja yang sekiranya diperlukan para guru untuk pembelajaran di era digital
Mengtahui strategi guru belajar guru
Mengetahui budget bulanan yang dialokasikan para guru untuk self development

Adapun keyword yang digunakan:

Keyword
Tantangan
Keterampilan
Pembelajaran Digital
Strategi Guru
Budget

Dan berikut adalah link form nya https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdj1BZmXx1hpsLwmPCF8BYZCRo9eKzcfW0qQkWgOBG9tc3ALQ/viewform

Mohon feedbacknya ya Bu @Wisam dan Mas Aska terkait angket survey yang sudah dibuat

Terima kasih :blush:

2 Likes