Tugas Life Management Batch 6

Bismillah…

List kegiatan saya sehari sehari, sebnarnya sudah cukup banyak saya buat ringkas dengan mendelegasikan ke orang lain. Seperti cuci baju kantor suami dan baju saya yang saya pakai ke luar rumah.
.
Saat ini saya sudah mulai memiliki tim untuk dagangan saya, meski baru 1 dan setengah hari. Tapi membuat saya sadar, bantuan yang “sedikit” memberikan efek yang baik dalam keseharian saya.
.
Tantangan saya dalam keseharian saya sebenarnya ada pada kemampuan diri saya untuk menahan diri untuk sedih berlebihan atau overthinking… yang sejujurnya menjadi membuat saya “pause” , lalu menunda banyak kegiatan.
:face_with_hand_over_mouth::face_with_hand_over_mouth::face_with_hand_over_mouth:
.
Setelah beberapa hari sambil mengerjakan pekerjaan yang ada saat ini dan mengikuti kelas bersama IPM. Saya sadar saya baiknya nambah 1 orang lagi tim untuk sore hari.
.
Agar malam hari saya tidak terlalu lelah dan bisa menambah jam belajar saya.
.
Untuk sosial media, di Instagram saya set alarm di aplikasi instagram… jadi sekali buka saya hanya akan buka 10 menit dalam sehari total saya akan diingatkan jika sudah 30 menit.
.
Saya memang kemudian hanya melihat akun yang memang saya ingin dapatkan informasinya. Dengan mencari nya di bagian pencarian.
Semoga bermanfaat ya ibu ibu…
.

6 Likes

Halooo buibuuuu… semoga aku ga telat ngumpulin tugasnyaaaa…
Aku bikin tugasnya lewat tulisan tangan di buku aja gapapa yah buu :pleading_face:
Berikut lampirannyaaaa


Setelah aku baca baca, ini ternyata hari hari ku masih penuh bersama si buah hati :rofl:
Ya gimanaaa ya soalnya anak ku masih umur 1 tahun 2 bulan, belum bisa mandiri mandiri banget. Tapi aku yakin sih dia akan bertumbuh dan mandiri pada waktunya :pleading_face:
Oiaaaa tantangan aku selama menjalani kegiatan sehari hari adalah bagaimana cara aku menyelipkan waktu untuk ngerjain deadline tugas diantara keriwehan bersama bayi. Kadang tuh pas lagi main sama bayi, pikiran ke kerjaan. Jadi ga merasa mindful dengan dia :frowning: sedih bangeeeett… pas mau ngerjain waktu anak tidur siang, aku nya juga malah ikutan tidur. Jadi yaudah lah :smiling_face_with_tear: aku lebih merasa bersalah ke kerjaan kadang.

6 Likes

Bu @annisadinata pelukkkkk
Aku pernah diposisi ibu yang punya kerjaan tapi juga punya balita. Pas mereka tidur pengenya kita nyicil kerjaan, eh kitanya malah ketiduran ya bu :disappointed_relieved:

2 Likes

Hallo Ibu-ibu,

Ini daftar kegiatan & big wins dari aku ya.

Mereview kegiatan harian aku: yg ptg balance antara rohani, Jasmani, keluarga n me time.

Namun, aktualnya sering kali tdk sesuai dgn rencana gegara keasikan penuhin kranjang shopee. Catett ini penuhin keranjang doang… Blm tentu d cek-ot. Hahahaahaha.

Tantangan: Susah fokus, mudah terdistract dan akhirnya tugas atau kegiatan tertunda. Ujung2nya jdi panik trus emosi jadilah burn out. Gubrak… Muncul lah drama :performing_arts:.

Pelajaran yg ak ambil dr tugas ini dengan me-list down kegiatan harian, ternyata ak bs melihat diriku dari luar atau ‘out of the box’… Trus muncul pertanyaan ‘what’s your value in life’. Wauuww, this task is a simple things that will hv a meaningful impact.

Kalo Ibu2 yg lain gmn?

IMG_20220310_154601_934|666x500

5 Likes

Hai bu hani, akuuu setuju baanget nih kunci keeberhasilan itu tidak beegadang alias tidur cukup ya bu. Akupun sama merasakaan kalaau tidurku cukup maakaa mood dan energi aku di hari itu bakal full dan bagus banget dan akhirnya kerjaan apapun bisa aku seleesaikan. Walaupun kadang aku suka beegadang buaat produksi atau malah nonton drakor😅 tapi saat besoknya suami aku libur jadii bisa saling bantu buat kerjaan di hari itu

1 Like

Hai bu vicky, semangat sebbeentar lagi akaan menjalaani hari sebagai full mom dirumah🥰
Kaalau aku boleh saran ya bu, cara ngomong sama meertua itu lewat suami sih, karna akupum sama selama ini kalau aada apa apa sungkan buat bilang sama meertua. Akhirnya aku bilang lewat suami jadi suami yang bilang :sweat_smile: ataau bicara bareng sama suami sama meertua. mungkin ibu bisa coba minta tolong samma suami “mau bicarakan ke ibu/bapak mungkin nanti aku akan lebih sibuk dengan keegiatan bisnis, naah saat aku sedang ada kegiatan mau minta tolong untuk jaga anak sebeentar” Naantinya harapannya mertua akaan bilang " Kalau lagi ada kegiatan gapapa anakmu ibu jaga" Kalau ada tawaran gini kan udah lebih enak ya kita hehe atau misal saat mertua liat kita lagi ngeerjain sesuatu beliau akan langsung ambil alih anak untuk dijaga dulu. Itusih saranku bu semoga membantu​:smiling_face_with_three_hearts::smiling_face_with_three_hearts::smiling_face_with_three_hearts:

2 Likes

Buu Novidaa…sama nih aku juga pake alarm untuk ig, namun masih belum bisa disiplin untuk hanya melihat akun2 yang dituju untuk informasinya. Malah seringnya scrolling aja yang ujung2nya bkin ngerasa guilty, atau malah bkin jadi insecure :sweat_smile:

1 Like

Bu Mutyaaa,

Yaampun nomor 1 relate bgt :rofl::rofl:
Kayanya sebagian besar buibu pernah mengalami ya :face_with_hand_over_mouth::face_with_hand_over_mouth:

Scrolling kebablasan trus pas udh “sadar” baru gerak dikit eh anak udh bangun. Lgs terdengar suara di kepala “yak! Waktu bermain telah habis” 🥲

Tp bener juga yah bu pas baca point nomor 2 aku jd terharu :”) makasih banyak ya bu udh nulis inii :heart::heart:. Kadang kalo dipikir sbnrnya udh banyak yang kita lakuin ya. Akupun kalau pd akhirnya blm sesuai target tp pas di review trnyata udh banyak progress yg kulakukan, lgs berusaha ttp bersyukur dan menurunkan ekspektasi agar jd gak gitu keras jg sama diri sendiri. Yang penting berporses walau pace nya mungkin belum bisa cepat… thx buu udh ingetin utk ttp apresiasi diri :smiling_face_with_three_hearts:

1 Like

Bu @Miha23 dan bu @nkwldr yaampun sama juga nih masalahnya sama aku ketagihan enroll webinar/kelas online :rofl::rofl::rofl:

Kayak nagih ya belajar tuh :face_with_hand_over_mouth: apalagi kalau punya value growth atau emg me-time nya belajar. Ini jg jadi peer aku nih untuk lebih mindful milih kelas. Kadang jadi semua pgn diikuti tp trus ujung2nya malah jd terlalu banyak mengkonsumsi ilmu tapi kurang produktif… belajar banyak ttg parenting misalnya tp waktu sama anak dalam sehari malah berkurang.

Padahal kan ilmu yg dipelajari seharusnya bisa diaplikasiin dan “disebar” ya bukan hanya dikonsumsi aja…

Setuju bgt bu Andi… emg hrs bisa ngerem jg ya krn apapun kalau berlebihan pasti jd gak baik… semangattt buibuuu :smiling_face_with_three_hearts::smiling_face_with_three_hearts::fire:

1 Like

Waah udh ada 10 ibu nih yg udh ngumpulin tugas dan juga udh share kendala yang dihadapi… makasih banyak yaa buibuu :heart_eyes::heart_eyes::smiling_face_with_three_hearts: aku relate bgt tp juga jd merasa ter support hehe semoga buibu juga merasakan dampak positif yaa setelah ngobrol2 disinii. Dan mungkin juga jadi dapet solusi dari buibu lainnyaa :heart:

Kayaknya kurang lebih mirip2 ya… yg sulit adalah berpegang teguh agar tidak terdistraksi sosmed :sweat_smile::joy:. Kayaknya ini emg peer kita semua hihi. Aku jd mikir apakah kalau “puasa” atau batasin buka sosmed bikin kita merasa fomo ya🥲. Btw kalau emg masalahnya fomo, ada buku yg aku rekomendasiin utk dibaca nih buibu hihi. Judulnya Joy of Missing Out karya Tanya Dalton. Aku sempet review juga di rumii. Ini link nya ya bu kalau tertarik baca hehehe semoga membantuu

Beberapa pertanyaan udh kucatat ya buibuu, agar nanti malam bisa kita bahas juga di sesi qna… :laughing: sampai bertemu nanti malam yaa

Buat ibu yang belum memposting tugas disini juga masih ditunggu yaa hehe. See you buibuu :heart:

2 Likes

Haii ibu…

Ya ampun no 3 berasa lagi liat diri sendiri :face_with_hand_over_mouth:

Iya ya bu saya juga ngerasa tsunami info kalo keseringan liat gadget. Kadang bu saya malah udah puasa gak pegang hp tapi gatel aja nih tangan rencana mau cek whatsapp eh bablas jadi kepo sosmed.

Memang sosmed jadi tantangan tersendiri yang lumayan sulit ditaklukan ya bu. Semacam mencari pembelaan butuh me time tapi ujung-ujungnya gak produktif dan recharge. Merasa mencari value ini sangat membantu sekali untuk tahu apa yang “harus” dan “saya memilih”.

Semangat menjadi lebih baik ibuu :hugs:

1 Like

Haii bu @Miha23

Masih belum familiar dengan Rumii bener ya tiap mau replay harus mention nama? Hihi

Setuju banget sama bu Andi, ketika semua tidak seimbang jadinya burn out bukannya bahagia karena growth malah merasa lelah banget. Belum lagi kalau liat anak-anak tidur kayak ngerasa tubuh kita sama-sama mereka tapi pikiran kemana-mana. Jadinya gak meaningfull.

Suka ngerasa juga kalo ibu udah emosi anak malah makin cranky mungkin karena “nyetrum” apa yang dirasakan ibunya. Mungkin itu kenapa ada yang bilang ibu harus bahagia untuk membuat seisi rumah bercahaya ya bu.

Bu Andi atau ibu-ibu lain ada yang mengerasa hal yang sama?

1 Like

Maaf bu @Fathya bu @layalia.fatharani upload tugasnya last minute. Beginilah keseharian saya buibu. Ruwet yah liatnya :sweat_smile:, beginilah saya menjalani hari. Karena anak pertama sudah sekolah, jadilah mobilitas antar jemput menghabiskan banyak waktu, tapi kalo dilihat sisi positifnya, itu bisa jadi tambahan waktu untuk bisa ngobrol sama anak.

Sebagai ibu yg ngga bisa fulltime sama anak, selalu muncul rasa bersalah krna bnyak waktu yang dihabiskan diluar. Pengen belajar bgmna utk meminimalisir rasa bersalah itu, trs memaksimalkan kesempatan dan waktu yg ada bersama anak, mempercayakan kepada support system tempat saya mendelegasikan tugas mengurus anak2 di rumah.

saya sebenarnya sangat menjujung tinggi hadirnya value family ini seutuhnya, tapi sebagai ibu bekerja
saya benar-benar harus mencari cara untuk memaksimalkan kesempatan dan waktu bersama keluarga, oleh karena itu saya menunda2 untuk memulai bisnis kembali (sudah 3 tahunan terpendam), karena merasa belum mampu untuk menghandle secara fokus.

lalu kenapa saya memutuskan untuk menghadirkan mimpi itu kembali dan bergabung dengan program IPM ini, karena saya merasa saya juga butuh untuk mengaktualisasikan diri, melakukan hal yang membuat saya pribadi bahagia. semoga pelan2 bisa terlihat solusinya sembari berjalan menimba ilmu disini. aamiin ya bu

setelah mengerjakan tugas ini, saya benar-benar harus berterima kasih sama diri saya karena sudah bisa melewati ini. walaupun banyak yang dikorbankan, tetapi saya selalu ingin belajar memaksimalkan apa yang ada dan bersyukur selalu. Terima kasih sama bu @Fathya karena sudah mengharuskan saya untuk memikirkan hal apa yang sejalan dengan value saya, hal apa yang bisa di delegasikan, hal apa yang bisa di skip, tanpa terikat “harus” dilakukan.

6 Likes

wiih panjang ternyata, jadi tempat curhat. maaf ya buu hehehe

1 Like

Hai, Ibu-Ibu semua.
Akhirnya aku bisa upload walopun sangat terlambat, hehehe. Ternyata tugasnya susah buatku… belajar banget lewat tugas ini.

4 Likes

Haloooo Ibuuuuu selamat malam hihi aduh aku udah terlambat mengumpulkan tugas, ga aestetic lalgi kaya ibu-ibu lain. Huhu… Jujurly Tugas ini tantangan buat aku memahami value dan menelusuri diri lebih dalam. Tapi ternyata ketika tugasnya selesai rasanya auto ingin jajan dessert karena merasa udah berhasil menyelesaikan sebuah tantangan #modus wkwk

Tapi serius ketika tugasnya selesai dan membacanya lagi ga sangka ternyata se-deep ini, kita di ajak menemukan value atas setiap aktivitas kita dan meminimalisir atau bahkan harusnya bisa menghilangkan aktivitas yang tidak sesuai value diri sehingga kita bisa menjalani hari lebih happy lagiiii … makasih bu @Fathya atas ilmunya :purple_heart: :purple_heart: :purple_heart:

3 Likes

3 Likes

selamat malam ibu2 semua…
ini tugas paling telaaat, malu sebenernya nih
heheheee… asli ini pertama awal bingung cara upload (katrok ya, maafkeun buibu semua) , kedua ga pede juga ya, nih ibu2 koq bagus 2 yaa, ketiga saya belum pandai menagement waktu sepertinya, selalu riewuh dari pagi hingga malam.
dan ini kebiasaan buruk saya, semakin malam, semakin keluar energi saya seperti baru di charge

yaaah akhirnya baru ku sadar ternyata, aku kurang punya me time, tapi anehnya kenapa aku merasa enjoy dengan semua aktivitas dan ke riewuhan yang aku jalanin.
saya akan bingung jika saya tidak ada aktivitas. kata orang jawa… gak iso meneng alias ga bisa diam.

dan setelah mendengar apa yang di sampaikan bu @Fathya baru lah saya tersadar bahwa ada value atas diri kita. terima kasih ibu @Fathya atas pencerahannya, terima kasih juga IMP.

oya maafkeun ya bu kepsek @MartyasListya terlambat banget ngumpulinnya

  1. List item
1 Like

haai mba @Listuti terus semangat yaa
samaa aku juga udah lewat waktu banget

yuuk kita sama2 bergandeng tangan agar sama2 kita bisa meraih mimpi

1 Like

Makasiiihh supportnya bu haniii :pleading_face: it means a lot :two_hearts: @Hanizaharani

1 Like